BRI Buka Cabang di Taiwan

JagatBisnis.com –  PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus berkomitmen untuk mengembangkan bisnisnya. Kali ini diwujudkan dengan menambah outlet luar negeri, yakni Kantor Cabang di Taipei, Taiwan. Itu merupakan Kantor Cabang Luar Negeri ke-enam, berlokasi di No. 166, Sec. 3, Nanjing East Road, Zhongshan District, Taipei City, Taiwan. Untuk operasional BRI Taipei Branch (BRITW) ini sudah dimulai pada Selasa, 30 November 2021 lalu.

SEVP Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi mengatakan, BRI Taipei Branch telah mengantongi izin operasional sebagai Full Retail Foreign Bank Branch Office License oleh otoritas Taiwan. Dengan lisensi tersebut, bank ini dapat memberikan pelayanan seperti simpanan, pinjaman, remitansi, trade finance, dan treasury kepada nasabah di Taiwan.

“Diharapkan kehadiran bank ini bisa memaksimalkan pangsa pasar di Asia Timur. Pembukaan bank ini juga merupakan komitmen kami untuk hadir melayani para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan yang secara rutin membutuhkan layanan remitansi untuk mengirimkan penghasilannya kepada keluarga dan memberikan layanan produk simpanan serta investasi untuk jaminan di hari tua,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (2/12/2021).

Baca Juga :   KUR BRI Serap 32,1 Juta Lapangan Kerja

Dia menjelaskan potensi bisnis yang dibidiknya melalui bank ini, antara lain Diaspora di Taiwan serta Indonesian Trade Related Business. Terlebih, bank ini merupakan satu-satunya kantor cabang yang dimiliki oleh bank asal Indonesia di Taiwan. Oleh karena itu, sebagai bank asal Indonesia pertama dan satu-satunya di Taiwan, bank ini membawa misi untuk membantu Diaspora Indonesia yang berada di Taiwan mendapatkan layanan perbankan. Apalagi, ekonomi Taiwan bertumpu pada produk-produk Hi-tech, semi konduktor, hingga komputer dengan total Produk Domestik Bruto (PDB) menyentuh USD668,5 miliar pada 2020.

Baca Juga :   BRI Dukung BKPM Mudahkan Legalitas UMKM

“Kedepan, kami juga merencanakan menjadi gerbang investasi dari Taiwan ke Indonesia . Sehingga dapat membantu para investor untuk berinvestasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Apalagi, dengan nilai Investment Yield yang lebih kompetitif tentu akan menarik minat Investor dari Taiwan untuk berinvestasi di Indonesia,” ujarnya.

Dia menambahkan, nilai ekspor-impor Indonesia dan Taiwan yang terus meningkat semakin mendukungnya untuk memaksimalkan pangsa pasar Asia Timur melalui BRI Taipei Branch. Apalagi, nilai ekspor non-migas ke Taiwan pada Oktober 2021 menembus USD783,3 juta dan impor nonmigas sebesar USD260,3 juta. Sehingga pihaknya berusaha untuk dapat menjembatani kegiatan ekspor-impor antara Indonesia dan Taiwan, melalui layanan Trade Finance, dan jasa perbankan lainnya.

Baca Juga :   BRI Terus Melakukan Aktivitas Literasi Keuangan Secara Masif

“Hadirnya bank ini diharapkan dapat membantu meningkatkan ekspor produk dari Indonesia ke Taiwan, khususnya produk-produk UMKM. Selain itu juga turut menjembatani investor asal Taiwan untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan investasi asing di dalam negeri,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO