Cilegon Berpotensi Tsunami Setinggi 8 Meter

JagatBisnis.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi dalam waktu dekat wilayah Cilegon, Banten akan terjadi tsunami dengan ketinggian mencapai 8 meter. Adapun zona yang rawan tsunami, yaitu tempat wisata di Selat Sunda.

Demikianlah dikatakan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Menurutnya,  paparan itu berdasarkan peta bahaya wilayah Indonesia. Namun, pihaknya tak tahu kapan potensi tsunami itu terjadi. Pihaknya dalam hal ini hanya menyusun peta bahaya dengan menggunakan skenario terburuk.

Baca Juga :   BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami di NTT

“Di Indonesia, seluruh pantai Sumatera Barat ada potensi tsunami. Kami rasa hal itu sudah banyak yang tahu. Pantai Barat Sumatera, bukan Sumatera Barat tapi wilayah dari Aceh sampai Lampung. Lalu, Selat Sunda, terus pantai Selatan, Pantai Selatan Jawa, Bali, Lombok, Nusa Tenggara, sampai pantai Selatan Papua itu kan Samudera Hindia itu rawan tsunami,” ungkap Dwikorita.

Baca Juga :   Inilah Objek Vital Negara dan Bisnis yang Terancam Tsunami 8 Meter di Cilegon

Dia menjelaskan, potensi tsunami yang dipaparkan itu bisa tak terjadi. Karena namanya mitigasi berjaga-jaga dengan skenario terburuk. Sehingga dapat mempersiapkan langkah-langkah untuk mencegah terjadinya korban dan kerusakan yang dahsyat.

Baca Juga :   Lima Alat Pendeteksi Tsunami yang Terpasang di Laut Selatan Cianjur Rusak

“Untuk mengantisipasi terjadi hal yang tak diinginkan, sudah ada latihan juga di daerah Cilegon itu,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO