Gagal Bayar Pinjaman, Bandara Uganda Jadi ‘Milik’ China

Bandara Internasional Entebbe Di Uganda

JagatBisnis.com – Uganda telah kehilangan satu-satunya bandara internasional di negaranya, yakni Bandara Internasional Entebbe, setelah gagal membayar pinjaman kepada China.

Diketahui, Pemerintah Uganda gagal untuk membalikkan perjanjian pinjaman dengan China yang memiliki persyaratan pembayaran untuk melampirkan satu-satunya bandara internasional di negara tersebut.

Hal itu terjadi pada tahun 2015 ketika pemerintah Uganda, yang pada saat itu diwakili oleh kementerian keuangan dan Otoritas Penerbangan Sipil, menandatangani perjanjian dengan Bank Ekspor-Impor (Exim Bank) China.

Uganda meminjam dana kepada China sebesar US$207 juta atau sekira Rp3 triliun dengan bunga 2 persen pada saat pencairan.

Baca Juga :   Amerika Akui Takut dengan China

Laman India Today, media lokal mengatakan bahwa pinjaman tersebut, dimaksudkan untuk perluasan bandara Entebbe, dengan jangka waktu 20 tahun termasuk masa tenggang tujuh tahun.

Namun, sesuai laporan media internasional, pemerintah Uganda melepaskan klausul kekebalan internasional untuk mengamankan pinjaman tersebut.

Setelah itu, pemberi pinjaman China dapat merebut kembali kepemilikan Bandara Internasional Entebbe tanpa arbitrase internasional.

Sebuah pernyataan dari Otoritas Penerbangan Sipil Uganda (UCAA) dilaporkan menyarankan bahwa beberapa ketentuan dalam Perjanjian Pembiayaan dengan China, mengekspos Bandara Internasional Entebbe dan aset Uganda lainnya untuk dilampirkan dan diambil alih oleh pemberi pinjaman China melalui arbitrase di Beijing.

Baca Juga :   Warga Dilarang Pamer Harta Kekayaan di Medsos

Pekan lalu, Menteri Keuangan Uganda Matia Kasaija telah meminta maaf kepada Parlemen karena “salah menangani” pinjaman multi-juta dolar tersebut.

Menurut laporan media terbaru, delegasi pejabat Uganda juga telah mengunjungi China awal tahun ini dalam upaya untuk menegosiasikan kembali klausul perjanjian pinjaman itu.

Namun, kunjungan itu tidak berhasil karena pihak berwenang China menolak untuk mengizinkan perubahan apa pun dalam ketentuan asli dari kesepakatan tersebut.

Permintaan Uganda untuk mengubah kondisi berbahaya pinjaman yang ditolak oleh China itu, menempatkan pemerintahan Presiden Uganda Yoweri Museveni dalam ketidakpastian.

Baca Juga :   China Larang Keras pada Pesepakbola yang Bertato

Otoritas Penerbangan Sipil Uganda (UCAA) mengungkapkan beberapa ketentuan dalam Perjanjian Pembiayaan dengan China yang mengekspos Bandara Internasional Entebbe dan aset Uganda lainnya untuk dilampirkan dan diambil alih oleh pemberi pinjaman China setelah negosiasi di Beijing.

Bandara Internasional Entebbe adalah satu-satunya bandara internasional Uganda dan menangani lebih dari 1,9 juta penumpang per tahun. Perebutannya oleh China akan sangat merusak warisan Museveni yang berusia 77 tahun, yang berkuasa di belakang pemberontakan bersenjata pada 1986, dan memaparkannya pada kekalahan pemilu.(pia)

MIXADVERT JASAPRO