Ekbis  

Bea Cukai Gandeng FedEx Express untuk Majukan Ekspor UMKM

JagatBisnis.com – Pemerintah masih terus berupaya menggenjot roda perekonomian yang belum sepenuhnya stabil akibat dampak pandemi Covid-19, salah satunya dengan meningkatkan volume ekspor. Untuk mengoptimalkan upaya ini, Bea Cukai menggandeng PT FedEx Express selaku Perusahaan Jasa Titipan (PJT) untuk turut berperan memfasilitasi pelaku UMKM dalam memasarkan produk unggulan mereka ke pasar internasional.

Pada Senin (29/11) dalam acara peresmian PT FedEx Express cabang Semarang, Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Anton Martin mengatakan “Bea Cukai Tanjung Emas mendukung penuh ekspansi bisnis PT FedEx Express. Harapannya bukan sekedar ekspansi perusahaan, namun juga dapat menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi dan peningkatan investasi melalui kelancaran arus barang impor dan ekspor. Selain itu, bisa membantu memfasilitasi pengiriman produksi pelaku usaha lokal ke manca negara.”

Anton menjelaskan bahwa proses bisnis di era ekonomi digital telah merubah sistem perdagangan dunia, masyarakat sekarang tak perlu melakukan perjalanan atau mendatangi pusat perbelanjaan, cukup melalui marketplace atau e-commerce tanpa membuang banyak biaya, tenaga dan waktu. Kemudahan ini dapat memberikan dampat positif bagi pelaku UMKM dan membuka peluang usaha lebih luas karena penjualan online tidak terbatas ruang.  “Bea Cukai berkomitmen untuk memfasilitasi kelancaran dan percepatan arus logistik. UMKM memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi bangsa. Jika mampu menyesuaikan pasar digital, UMKM tak hanya dapat menjangkau pasar domestik namun dapat menembus pasar global. Pemerintah harus memastikan dukungan berkelanjutan sehingga dapat memberikan kontribusi signifikan pada perekonomian nasional,” terang Anton.

Baca Juga :   Sadari Lebih Dini, Segera Laporkan Indikasi Penipuan Mengatasnamakan Bea Cukai

Selanjutnya pihak PT FedEx Express menyampaikan apresiasi kepada Bea Cukai atas dukungan yang telah diberikan. Senior Operation Manager FedEx Espress, Alisa Y Siregar mengungkapkan bahwa FedEx Express berkomitmen akan patuh dengan peraturan yang berlalu sebagai PJT dan turut membantu Bea Cukai dalam memfasilitasi pengiriman produk UMKM. Kemudian Alisa menambahkan bahwa proses clearance arus barang impor yang dilakukan oleh Bea Cukai Tanjung Emas di Semarang adalah yang terbaik di tanah air sebagai salah satu pertimbangan ekspansi memotong proses clearance dari Singapore langsung ke Semarang.

Baca Juga :   Bea Cukai Indonesia Hadiri WCO Asia Pacific Regional Workshop on Data Analytics

Mendorong ekspor UMKM juga digalakkan oleh Bea Cukai Soekarno Hatta. Kali ini Bea Cukai Soekarno-Hatta menyambut inisiasi PT FedEx Express International dengan hadir sebagai narasumber pada ‘Workshop Pengembangan Ekspor UMKM’ dan menerima lawatan kerja Presiden Direktur FedEx Indonesia.

Dalam workshop pengembangan ekspor UMKM yang digelar secara virtual, Kepala Seksi Pabean Dan Cukai III Bea Cukai Soekarno-Hatta Yoedha Moehammad Hanafi selaku narasumber mengapresiasi sinergi PT FedEx yang turut berupaya memberikan pemahaman, kemudahan dan transparansi mengenai proses bisnis kepabeanan kepada para pengguna jasa di bidang ekspor, khususnya UMKM. Workshop tersebut sejalan dengan program pemerintah dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca Juga :   Lagi, Bea Cukai Amankan Puluhan Ribu Batang Rokok Ilegal di Bogor dan Kudus

Sinergi berlanjut dengan lawatan dari Mr. Garrick Thompson yang baru saja menjabat sebagai pimpinan PT FedEx di Indonesia ke Bea Cukai Soekarno-Hatta yang disambut oleh Kepala Kantor Finari Manan. Dalam kunjungan tersebut, masing-masing pimpinan berkenalan dan saling bertukar visi-misi dan rencana-rencana peningkatan pelayanan yang lebih baik kepada pengguna jasa ke depannya. “Salah satu upaya Bea Cukai dalam mewujudkan program PEN yaitu melalui asistensi ekspor produk UMKM. Bersinergi dengan pihak swasta, dalam hal ini yaitu FedEx, our focus is supporting a small-medium enterprises,” pungkas Finari.(srv)

MIXADVERT JASAPRO