Ekbis  

Gali Potensi Ekpor Daerah, Bea Cukai Beri Asistensi Pada Pelaku UMKM

JagatBisnis.com – Sebagai upaya untuk mendorong perekonomian nasional melalui ekspor, Bea Cukai secara kontinyu memberikan asistensi dan menggali potensi komoditi ekspor unggulan dari berbagai daerah. Pada kesempatan ini, Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara, mengadakan focus group discussion untuk meningkatkan dan mengembangkan komoditi ekspor dari pelaku UMKM Medan. Tubagus Firman Hermansjah, Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi, memaparkan bahwa Bea Cukai berkolaborasi dengan instansi terkait lainnya mengadakan kegiatan ini untuk berdiskusi dengan pelaku UMKM terkait kendala dalam proses ekspor.

Baca Juga :   Lagi, Bea Cukai Gali Potensi Ekspor Komoditas Lokal

“Selain itu, Bea Cukai juga turut hadir dalam Kawasan Industri Medan Investment Expo, yang juga dihadiri oleh Menteri BUMN, Eerick Thohir, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, serta pengusaha dari kota Medan. Pada acara yang diselenggarakan mulai 25-27 November 2021 ini, Bea Cukai bersama pengusaha dan perwakilan Pemda setempat mengkampanyekan tentang green energy dan green economy dalam dunia industri,” ungkap Firman.

Sementara itu, Bea Cukai Makassar turut berpartisipasi dalam kegiatan Anging Mammiri Business Fair (AMBF) yang berlangsung selama dua hari pada 25- 26 November 2021, bertempat di Hotel Claro Makassar. Kegiatan ini diisi berbagai booth dengan menampilkan Instansi Pemerintah yang berkaitan langsung dengan proses ekspor dan produk usaha UMKM yang ada di Sulawesi Selatan.

Baca Juga :   Bea Cukai Gencar Tingkatkan Pemahaman Terkait Cukai untuk Masyarakat di Berbagai Daerah

“Lewat kegiatan ini, Bea Cukai mengajak pelaku UMKM untuk memasarkan produknya lewat ekspor, serta turut memajukan perekonomian setempat,” ujar Firman.

Baca Juga :   Perdana, Ekspor Tepung Kratom Kalimantan Barat ke Pasar Eropa

Harapan selanjutnya, Bea Cukai akan terus berkolaborasi dengan instansi terkait lainnya, untuk menggali potensi ekspor dari berbagai daerah, serta memberikan asistensi bagi pelaku UMKM atau pengusaha yang akan melaksanakan ekspor.(srv)

MIXADVERT JASAPRO