Banjir Tak Kunjung Surut, Gubernur Kalbar Lapor ke Presiden Jokowi

JagatBisnis.com – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji melaporkan kondisi terkini soal banjir Sintang yang sudah sebulan tak kunjung surut.

Kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan virtual, Sutarmidji mengeluhkan eksploitasi hutan hingga daerah tangkapan air hilang.

“Apa yang disampaikan Pak Presiden tentang penyebab terjadinya banjir di Kabupaten Sintang yang dikarenakan kerusakan alam itu memang benar, di mana kondisi alam kita saat ini memang banyak yang sudah rusak. Sebagian dikarenakan penebangan hutan dan beberapa aktivitas perkebunan dan pertambangan,” kata Sutarmidji.

Sutarmidji memaparkan, sebagian besar perusahaan memanfaatkan kayu, tapi setelah ditebang habis lalu dibiarkan begitu saja.”Walaupun bisa menambah pemasukan negara tetapi tidak memadai. Karena setelah mereka menebang habis hutan tidak ada penanaman kembali pohon,” ungkapnya.

Baca Juga :   Ratusan Rumah di Bekasi Terendam Banjir Akibat Tanggul Jebol

Tidak adanya reboisasi menyebabkan kurang menyerapnya air, hujan terus-menerus menyebabkan air langsung mengalir menuju sungai. Di sungai, lanjutnya, harus memproses pengaliran sampai ke laut, saat proses panjang terjadi hujan juga terus menerpa Kabupaten Sintang dan sekitarnya.

“Saat air hujan turun alam sudah mengaturnya, berawal dari air jatuh ke daun lalu diserap ke dalam tanah. Kalau sekarang jatuh tapi tidak menyerap dan langsung mengalir ke sungai, daya tampung sungai ini kan terbatas akhirnya tidak terkendali dan terjadilah banjir,” katanya.

Baca Juga :   Akses Jalan Raya Morowudi Putus Akibat Banjir di Gresik

Ia juga menjelaskan 30 tahun yang lalu, awalnya masyarakat bermain di plywood sehingga Hak Pengusaha Hutan (HPH) lebih banyak dari luas Kalbar, setelah hasil hutan menurun mereka beralih menjadi Hutan Tanaman Industri (HTI).”Dulu saya meneliti tentang HPH saat tahun 90-an, ternyata jumlah total HPH lebih banyak dibandingkan luas Kalbar, lalu plywood sisa sedikit dan mereka beralih menjadi HTI,” kata Sutarmidji.

Ia menambahkan, harusnya pemerintah daerah (pemda) tegas dalam memberikan aturan.”Silahkan menanam sawit tetapi ekosistem harus dijaga dan pemda juga harus tegas saat memberikan aturan. Lahan yang tidak ditanam sawit harusnya ditanam pohon,” katanya.

Di sekitar perkebunan sawit, pohon yang tinggi menyerap air harus ditanam agar tidak langsung mengalir dan menumpuk di sungai.”Sawit itu 70 cm ke bawah baru bisa menyerap air, maka disekitarnya harus menanam pohon yang habitatnya ada di Kalbar seperti pohon tengkawang, kratom, dan lain-lain. Karena dapat menahan banjir,” ujarnya

Baca Juga :   Ini Penyebab Banjir dan Longsor di Minahasa Selatan

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan banjir yang saat ini melanda Kalimantan disebabkan kerusakan daerah tangkapan hujan. Menurutnya, kerusakan itu sudah terjadi bertahun-tahun dan harus segera diperbaiki. “Ya itu (banjir di Kalimantan) memang karena kerusakan catchment area, daerah tangkapan hujan, yang sudah berpuluh-puluh tahun,” ujar Jokowi di Serang, Banten, Selasa (16/11/2021). (pia)

MIXADVERT JASAPRO