Google Doodle 8 November 2021 Tampilkan Roehana Koeddoes

JagatBisnis.com  –  Google Doodle, Senin (8/11/2021), memperingati Roehana Koeddoes
dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Terlahir dengan nama Siti Roehana di Koto Gadang, Sumatera Barat, pada 20 Desember 1884 merupakan jurnalis perempuan pertama di Indonesia.

Dia dibesarkan di era ketika perempuan Indonesia umumnya tidak mendapat pendidikan formal. Pada usia 7 tahun, dia mengembangkan kecintaan membaca lewat berbagai halaman-halaman surat kabar lokal.

Pada tahun 1911, ia memulai karirnya di bidang pendidikan dengan mendirikan sekolah pertama di Indonesia di kota kelahirannya. Adapun sekolah Koeddoes didirikan untuk memberdayakan perempuan melalui berbagai program, mulai dari pengajaran literasi
bahasa Arab hingga moralitas.

Baca Juga :   Google Maps Siapkan Fitur Ramah Lingkungan

Tak hanya itu, Roehana juga memperluas pengaruhnya setelah pindah ke Bukittinggi, sebuah kota besar di Sumatera Barat, dengan menjadi salah satu jurnalis wanita pertama di Indonesia. Roehana dinilai sebagai perempuan Indonesia pertama yang secara sadar memerankan dirinya sebagai seorang jurnalis. Dia bersedia meliput berita sekaligus menulis untuk kemudian dikirimkan ke media massa

Baca Juga :   Begini Cara Mengedit Pesan Terjadwal di Google Message

Sebelum mendirikan surat kabar Soenting Melajoe, ia berkiprah di surat kabar Oetoesan Melajoe yang sudah terbit sejak 1911. Pengalamannya mendapat apresiasi dari Datoek Soetan Maharadja alias DSM, pemilik Oetoesan Melajoe yang kemudian mendukung Rohana menerbitkan Soenting Melajoe pada 10 Juli 1912.

Baca Juga :   Polda Metro Jaya Tutup Layanan Samsat Keliling hingga 3 Januari 2021

Sepanjang karirnya, Roehana terus menulis artikel yang mendorong perempuan untuk membela kesetaraan dan melawan kolonialisme, dengan beberapa mencapai pengakuan nasional. Sebagian berkat perintis seperti Roehana Koeddoes, banyak yang menganggap perempuan dalam jurnalisme Indonesia lebih kritis dan berani dari sebelumnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO