BMKG: Indonesia Waspada Banjir Bandang Hingga Lusa

JagatBisnis.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk sejumlah wilayah di Indonesia. Di antaranya 5 wilayah siaga banjir bandang dan 26 daerah waspada hingga lusa Selasa (9/11/2021).

Potensi Dampak Hujan Lebat untuk Dampak Banjir/Bandang berlaku 8 November 2021 pukul 07.00 wib s/d 9 November 2021 pukul 07.00,” seperti dikutip dari kanan resmi, Minggu (7/11/2021).

Adapun Lima wilayah siaga banjir bandang itu adalah Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Tengah.

Baca Juga :   Sepekan Kedepan, Hujan Lebat Guyur Sejumlah Wilayah Indonesia

Selain itu, ada juga 26 wilayah lain di Indonesia yang mesti waspada banjir/ bandang di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung,
Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta.

Baca Juga :   Ratusan Warga di Garut Mengungsi akibat Banjir Bandang

Wilayah yang waspada lain ya, seperti Bali, NTT, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

BMKG juga mengemukakan memasuki masa Dasarian I November, angin baratan diprediksi mulai memasuki wilayah Indonesia terutama di wilayah sekitar ekuator.
Terdapat juga pola siklonal di sekitar Barat Sumatera bagian utara dan selatan, Utara Kalimantan, dan perairan Maluku.

Baca Juga :   BMKG Ingatkan Dampak Pembentukan Bibit Siklon Tropis 90S

“Pada November I-III 2021 umumnya diperkirakan curah hujan berada di kriteria rendah hingga menengah (0 – 150 mm/dasarian).

Sebelumnya, sejumlah wilayah di Indonesia terdampak banjir bandang di sejumlah daerah seperti Jawa Timur dan Aceh. Di Jawa Timur, banjir melanda Batu, Malang dan Gresik. Sementara di Aceh, banjir melanda Singkil dan Gampong. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO