Microsoft Kini Jadi Perusahaan Paling Berharga di Dunia

JagatBisnis.com – Microsoft menjadi perusahaan publik paling berharga di dunia, menggeser Apple. Hal itu menyusul kinerja Apple yang meleset dari ekspektasi. Karena nilai pasarnya mencapai hampir USD2,49 triliun atau sekitar Rp35.429,09 triliun. Hal itu sebagai akibat dari kendala rantai pasokan Sehingga pendapatan fiskal kuartal keempat Apple meleset dari ekspektasi Wall Street.

Chief Financial Officer Microsoft, Amy Hood mengakui, perusahaannya jugs mengalami kendala pasokan. Namun, perusahaan memperkirakan terjadi peningkatan untuk produk komputer pribadi yang dengan mudah melebihi harapan.

“Kuartal II sebagai periode permintaan yang kuat yang akan dibatasi oleh pasokan,” katanya seperti di dari Yahoo Finance, Minggu (31/10/2021),

Baca Juga :   Netizen Indonesia Paling Tidak Sopan se-Asia Tenggara

Meski demikian, ia menyatakan pasar masih terus berkembang. Pendapatan di kuartal fiskal pertama Microsoft tumbuh 22 persen yoy, melampaui ekspektasi analis. Namun, pembaruan besar untuk Windows dalam lebih dari lima tahun menyebabkannya Microsoft di atas kapitalisasi pasar USD2 triliun untuk pertama kalinya.

“Kami terakhir melampaui Apple dalam kapitalisasi pasar pada 2020 ketika pandemi Covid-19 melumpuhkan rantai pasokan. Pada 2021, saham kami telah meningkat hampir 48 persen, sementara saham Apple telah meningkat hampir 13 persen. Agar lebih terbuka, kami akan segera merombak kantor pusatnya yang berlokasi di Redmond, Washington,” ungkapnya.

Baca Juga :   Microsoft Jalin Kemitraan dengan Bukalapak

Sementara, CEO Apple Tim Cook menyatakan, nilai pasar Apple tercatat sekitar USD2,46 triliun atau sekitar Rp35.002,23 triliun, saat penutupan perdagangan Jumat, 29 Oktober 2021.
Meskipun memperkirakan kekurangan pendapatan USD6 miliar, tapi perusahaan memperkirakan masalah rantai pasokan yang lebih buruk pada kuartal IV tahun ini.

Baca Juga :   Microsoft Izinkan Karyawan WFH Secara Permanen

“Meskipun ada peningkatan 47 persen yoy dalam penjualan iPhone, tapi angka itu jauh dari ekspektasi analis. Kami hanya mencatatkan penjualan iPhone 13 selama kuartal IV,” terangnya.

Ditambahkan, perusahaan pertama yang mencapai kapitalisasi pasar USD1 triliun dan USD2 triliun adalah Apple. Tahun lalu, Apple melampaui Saudi Aramco sebagai perusahaan publik paling berharap di dunia. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO