Cegah Kepadatan Pantai Anyer, Ganjil Genap-One Way Diterapkan

JagatBisnis.com – Kepolisian akan memberlakukan rekayasa lalu lintas ganjil genap (gage) satu arah (one way) hingga penyekatan di pertigaan Jalan Lingkar Selatan (JLS) Ciwandan, di jalur menuju Pantai Anyer maupun Cinangka, di akhir pekan. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kepadatan masyarakat yang menghabiskan waktu liburnya di pantai.

“Namun, pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi kepadatan arus dan masyarakat di lokasi wisata. Nanti akan kami pilih, gage atau pemberlakuan satu arah. Dikarenakan kami masih mempertimbangkan. Karena di wilayah itu banyak masyarakat Anyer dan Cinangka yang setiap akhir pekan juga menggunakan jalan yang sama,” kata Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, dalam keterangannya, Sabtu (16/10/2021).

Menurutnya, penerapan rekayasa lalulintas berada di bawah komando Kasatlantas Polres Cilegon AKP Yusuf Dwi Atmojo dengan mempertimbangkan kepadatan kendaraan hingga wisatawan di objek wisata. Sedangkan, sistem satu arah diutamakan berlaku pagi hari untuk menarik kendaraan masuk ke Pantai Anyer. Kemudian, diberlakukan lagi sore hari untuk memperlancar wisatawan yang akan pulang.

Baca Juga :   Sekolah Tatap Muka di Bekasi Terapkan Ganjil-Genap

“One way pagi kita arahkan dari Cilegon ke Anyer. Sore, pada saat kembali wisata, tentu dari Anyer keluar Anyer. Jika Anyer sudah penuh biasanya kami arahkan ke Cinangka dan Cinangka juga penuh kami arahkan lagi ke Carita,” ujarnya.

Baca Juga :   Gage Kota Bogor Dihentikan Sementara

Memurutnya, personel Polres Cilegon juga akan berpatroli di jalur dan objek wisata. Jika Pantai Anyer sudah penuh, wisawatan diminta menuju pantai di daerah Cinangka maupun Carita. Di objek wisata, petugas Satgas Covid-19, TNI, Polri akan berkeliling memeriksa kapasitas pantai yang maksimum bisa di isi 50 persen saja.

Baca Juga :   Margonda Raya Depok akan Berlakukan Ganjil Genap Mulai Oktober 2021

“Mengingatkan pengelola wisata dan pengunjung, untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Sehingga masyarakat tetap bisa berlibur, perekonomian pelaku wisata kembali bergeliat sambil meminimalisasi penularan Covid-19. Makanya, kami mohon kesadaran untuk mentaati prokes,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO