Suara Klakson di India Bakal Diganti Bunyi Seruling

JagatBisnis.com –  Klakson sejatinya memiliki fungsi yang cukup penting saat berkendara di jalan. Karena dengan menggunakan klakson pengemudi bisa saling berkomunikasi. Sehingga dapat menghindari kecelakaan. Tapi, jika klakson ini digunakan secara berlebihan, tentu saja akan sangat mengganggu dan menimbulkan polusi suara, seperti yang terjadi di India.

Baca Juga :   Pakistan Dirudal yang Diduga Ditembakkan India

Menteri Perhubungan di Negeri Bollywood, Nitin Gadkari, mengatakan berencana m mengganti suara klakson dengan bunyi seruling. Meskipun ide itu terdengar aneh, tapi, memiliki rekam jejak dalam melakukan penyesuaian di jalan.

“Pada 2017, saya berhasil melarang penggunaan suar atau sirine di atas mobil VIP. Lampu merah berkedip, atau dikenal sebagai “lal batti,” dipandang sebagai simbol status tertinggi di jalan-jalan India, tetapi dicap sebagai warisan kolonial yang tidak memiliki tempat dalam masyarakat demokratis,” katanya seperti dikutip, Minggu (10/10/2021),

Baca Juga :   Merusak Rumah Penduduk Muslim di India, Dua Pengunjuk Rasa Ini Ditembak Polisi

Menurut dia, rencana mengganti klakson itu muncul setelah dirinya terganggu saat melakukan yoga di pagi hari. Pihaknya berjanji akan segera membuat undang-undang, terkait klakson semua kendaraan di India harus diganti bunyi alat musik negara. Sehingga menyenangkan untuk didengar.

Baca Juga :   Jembatan Roboh di India Memakan Korban Hingga 132 Jiwa

“Saya sedang mempelajari hal itu dan segera akan menggantinya dengan bunyi alat musik yang terkenal di India, seperti seruling, tabla, biola atau harmonium,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO