Ditemukan, Fosil Hewan Laut, Miliki Ratusan Mata

JagatBisnis.com –   Sebuah hasil penelitian mengungkapkan, fosik trilobit yang berusia 390 juta tahun memiliki ratusan mata. Hasil penelitian tersebut sekaligus menyingkap rahasia mengenai mata trilobit yang berbeda dengan hewan lain. Karena secara kasat mata trilobit tampak seperti hewan yang memiliki dua mata besar. Ternyata pada mata itu terdapat ratusan lensa individu kecil yang merupakan trilobit sesungguhnya.

Peneliti utama dan ahli zoologi, Brigitte Schoenemann mengatakan masing-masing mata trilobit terdiri sekitar 200 lensa dengan setiap lensa berukuran hingga 1mm. Bahkan, di belakang setiap lensa terdapat serangkaian faset. Setidaknya 6 faset diatur, yang masing-masing kembali bersatu membentuk mata majemuk kecil.

“Jadi ada sekitar 200 mata majemuk dalam satu mata,” katanya dalam sebuah pernyataan, Minggu (10/10/2021).

Menurutnya, penemuan ini dihasilkan dari analisis serangkaian foto sinar-X dari fosil trilobit sub ordo Phacopinae yang terawetkan dengan baik pada tahun 1970an. Foto-foto tersebut diambil ahli radiologi dan paleontologi amatir Wilhelm Sturmer.

“Dari foto fosil trilobit itu terlihat jelas filamen yang ada di bawah mata dan mengindikasikan bahwa bagian tersebut juga merupakan saraf. Kemudian menunjukkan bahwa trilobit sub ordo Phacopinae memiliki serangkaian sub faset,” paparnya.

Dia menjelaskan, bahkan pada tahun itu para peneliti menyangkal temuan mengenai ratusan mata trilobit yang terlihat dari foto sinar-X. Kini, 40 tahun kemudian, teknologi modern memungkinkan ilmuwan untuk menyadari bahwa yang ditemukan Sturmer benar adanya.

“Namun Sturmer meninggal pada tahun 1980an sehingga tidak bisa mengetahui apa yang ia temui itu benar. Fosil trilobit itu cenderung ditemukan pada batuan kabur dari era Kambrium,” bebernya.

Sebagian besar dari trilobit memakan plankton dan lainnya berbucu cacing air. Trilobit dikategorikan ke daam kelompok artropoda yang hidup berkembang biak di awal kehidupan Bumi. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO