Karena ini, Pinjol Bisa Tahu Nomor Ponsel Teman Peminjam

JagatBisnis.com –  Meminjam uang dari pinjaman online (pinjol) otomatis memberikan sebagian data pribadi kepada perusahaan pemberi pinjaman. Salah satunya, akses data nomor kontak di handphone peminjam. Oleh karena itu, tak heran bila ternyata pinjol ini bisa mendapatkan akses nomor telepon kerabat dari si peminjam.

“Pasti akan muncul pertanyaan bagaimana pinjol bisa mendapatkan nomor ponsel tersebut padahal yang meminjam adalah teman lain,” tulis Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi dalam akun pribadinya yang dikutip, Sabtu (2/10/2021).

Dia menjelaskan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memang mensyaratkan pinjol legal hanya boleh mengakses Camera, Microphone, dan Location (Camilan). Ada pinjol yang comply dengan syarat ini. Tetapi banyak juga pinjol yang mengambil data berlebihan.

Baca Juga :   Polda Metro Bentuk Tim Perangi Pinjol

“Pinjol yang mengambil data lebih ini biasanya ilegal. Mereka mengambil data pengguna berlebihnya, mulai dari history, contact card, storage (foto dan video) phone call, “Camilan” dan lainnya. Namun ini bukan bagian dari hackers, melainkan memanfaatkan minimnya pengetahuan pengguna terhadap keamanan data,” ungkapnya.

Baca Juga :   Tujuh Tempat Operasional Pinjol Ilegal di Jakarta Digerebek

Dia menjelaskan, dengan mengantongi kontak kerabat si peminjam, maka kerap terjadi orang dari pinjol ini dengan sesuka hati dan secara acak menghubungi sejumlah nomor kontak yang tersimpan di handphone peminjam, baik melalui WhatsApp, email atau SMS. Bahkan, perusahaan pinjol tak segan-segan mengabarkan salah satu rekan peminjam sudah meminjam uang dan belum melunasi bersama dengan bunganya.

Baca Juga :   Cetak Sertifikat Vaksin, Rawan untuk Pinjaman Online

“Mereka melampirkan foto diri peminjam, KTP, besaran tagihan. Bahkan, pesan bernada ancaman bila tidak segera melunasi pinjaman yang didapat dari pinjol.
Hal ini tentu mengesalkan. Sebab, kalian bukanlah peminjam, tetapi harus berhadapan dengan pinjol,” tutupnya. (*)

MIXADVERT JASAPRO