Ekbis  

Dorong Peluang Ekspor Daerah, Bea Cukai Gandeng Instansi Lainnya

JagatBisnis.com –  Untuk menyukseskan program pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai secara kontinyu menggandeng instansi terkait lainnya untuk mendorong ekspor dari berbagai daerah. Pada kesempatan ini, Tubagus Firman Hermansjah, Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi, mengungkapkan bahwa melalui sinergi ini Bea Cukai berharap dapat mendorong lahirnya eksportir yang akan memasarkan komoditi unggulan dari masing-masing daerah ke pasar internasional.

“Seperti yang dilaksanakan oleh Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat yang berkolaborasi dengan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, perwakilan pihak perbankan, dan juga beberapa pengusaha pertanian, untuk mendorong geliat ekspor komoditas holtikultura. Tentunya Bea Cukai akan memberikan asistensi terkait ekspor, fasilitas kepabeanan, serta fasilitas fiskal bagi calon eksportir,” papar Firman.

Firman menambahkan bahwa untuk menyukseskan ekspor komoditas holtikultura ini, diperlukan pembinaan bagi petani di Kalimantan Barat terkait proses produksi untuk ekspor, ketersediaan program pembiayaan, serta dukungan seluruh instansi terkait untuk mendorong roda perekonomian di Kalimantan Barat.

Baca Juga :   Tidak Hanya Gencar Tingkatkan Pemahaman Pengguna Jasa, Bea Cukai Juga Dorong Ekspor di Bidang Cukai

Sementara, untuk percepatan penanganan kelangkaan dan lonjakan biaya kontainer ekspor di Jawa Tengah, Bea Cukai Tanjung Emas berkoordinasi dengan Sekda Jawa Tengah, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Biro Perekonomian, Dinas Perhubungan, serta Disperindag Provinsi, untuk membahas langkah strategis yang dapat dilakukan agar masalah dapat diselesaikan.

Baca Juga :   Bagaimana Penerapan Bea Masuk Tindakan Pengamanan untuk Pakaian Impor di Batam? Ini Kata Bea Cukai

“Kelangkaan kontainer untuk ekspor ini, sudah berlangsung hampir 3 bulan, dan menyebabkan penumpukan komoditi barang ekspor berupa furniture/mebel dari Jepara. Sehingga Bea Cukai Tanjung Emas memberikan solusi agar eksportir kecil menggunakan konsolidator jalur udara, yang saat ini masih jarang terpakai. Agar ekspor tetap berlangsung secara kontinyu,” jelas Firman.

Baca Juga :   Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Sabu di Pelabuhan Tanjung Emas dan Perbatasan Jayapura

Firman juga memaparkan bahwa Bea Cukai Tanjung Perak juga menjalin kerja sama dengan Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI), untuk meningkatkan dan mendorong potensi ekspor dari Jawa Timur. “Lewat kerja sama ini, Bea Cukai berharap pelayanan dan pengawasan terhadap eksportir dari Jawa Timur akan lebih optimal,” pungkas Firman.(srv)

MIXADVERT JASAPRO