Hujan Es di Jambi, BMKG: Berpotensi Terjadi Lagi

ilustrasi warga soal hujan es.

JagatBisnis.com – Baru- baru ini wilayah Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi dihebohkan dengan turunnya hujan es hingga merusak puluhan rumah masyarakat.

Kepala Badan Meteorologi Ilmu cuaca Geofisika( BMKG) Jambi Ibnu Sulistiyono saat dikonfirmasi mengatakan, bagian wilayah barat Jambi memang diguyur hujan es dan akan dapat terjadi lagi karena Jambi mengalami era peralihan.

” Pancaroba masa menyebabkan terdapatnya kemampuan angin cepat, hujan rimbun diiringi petir, sampai hujan es,” ucap Ibnu pada Jumat, 17 September 2021.

Baca Juga :   Jakarta hingga Bekasi Hari Ini Diprediksi Hujan

Ibnu mengatakan, hal hujan es yang sudah terjadi di Merangin diakibatkan terdapatnya awan cumulonimbus. Terbentuknya hujan es tidak tergantung pada wilayah tetapi didetetapkan dengan pergerakan awan.

” Era peralihan mencuat cuaca berlebihan bagus berbentuk angin cepat ataupun hujan rimbun sporadis bersama. waktunya menjelang siang sampai petang hari,” tutur ia.

Baca Juga :   BMKG: Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa di 29 Daerah Jatim

Hal hujan es tutur Ibnu biasanya diakibatkan terdapatnya awan cumulonimbus dan kejadian lazim di tengah peralihan terjadi saat siang hari dan menjelang petang. Tetapi lama hujan es akan lumayan pendek.

” Besar wilayah hujan es saat hujan es biasanya 5 hingga 10 kilometer dan saat hujan es sangat lama 10 menit,” tutur ia.

Baca Juga :   Prakiraan Cuaca 21 Desember 2020, Jaksel dan Jaktim Hujan Lebat di Siang Hari

Ibnu mengatakan, saat ini hampir semua wilayah Jambi sudah merambah masa penghujan. Oleh karena itu beliau meminta pada warga supaya tetap senantiasa cermas kemampuan banjir, longsor dan angin cepat dilaut.

” Kita akan pembaharuan informasi lalu kemajuan lalu pada khalayak hal cuaca spesialnya di Jambi dan saat kita catatan ke warga supaya tetap cermas saat cuaca berlebihan,” tuturnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO