FrieslandCampina Rayakan Hari Jadi 150 Tahun Perjalanan ‘from Grass to Glass’

JagatBisnis.com –   FrieslandCampina, salah satu produsen produk-produk berbasis susu terbesar di dunia, genap merayakan 150 tahun berdirinya perusahaan.

FrieslandCampina menjadi salah satu perusahaan global dengan produk susu dan turunannya di dunia yang sepenuhnya dimiliki oleh belasan ribu peternak sapi perah yang bernaung dalam sebuah koperasi, Zuivelcoöperatie FrieslandCampina U.A., beranggotakan 16.995 peternak sapi perah tersebar di Belanda, Belgia, dan Jerman.

FrieslandCampina hadir di Indonesia melalui afiliasinya PT Frisian Flag Indonesia (FFI). Hampir seratus tahun lamanya FFI telah menyediakan produk bernutrisi bagi konsumen di berbagai tahapan usia dan berpartisipasi aktif membangun keluarga yang kuat dan sehat.

“Sejarah FrieslandCampina menunjukkan bahwa cikal bakal perusahaan dimulai dari keinginan peternak yang ingin meningkatkan perannya untuk memperkuat posisi pasar dan memastikan penjualan susu ternaknya,” kata Andrew di Jakarta, Senin (13/9/2021).

Produk yang dihasilkan tidak hanya produk susu jadi, tetapi juga beragam produk lainnya yang berbahan dasar susu seperti susu segar, susu bubuk, susu kental, yoghurt, keju, mentega, minuman berbasis susu krim dan ingredients (konsentrat susu), disesuaikan dengan kebutuhan konsumen atau mitra bisnis yang tersebar di 100 negara.

FrieslandCampina juga memegang kendali penuh seluruh rantai produksinya yang diterapkan dalam langkah strategis ‘from grass to glass’. Perusahaan mengelola langsung dan mengontrol kualitas setiap tahap produksi sejak ternak diperah dan menghasilkan susu segar, pemrosesan di pabrik, pengiriman dan pendistribusian, hingga produk dinikmati oleh konsumen.

Pengalaman berharga serta keahlian yang dihasilkan dari sejarah koperasi selama 150 tahun ini yang juga menjadi fondasi – fondasi utama untuk terus memberikan yang terbaik yaitu antara lain Heritage (warisan), Quality (kualitas), Sustainability (keberlanjutan) dan Innovation (inovasi).

FrieslandCampina memiliki 635 ilmuwan dari 18 negara yang berdedikasi memecahkan tantangan pangan global melalui nutrisi berkelanjutan dan memiliki 2 pusat Penelitian dan Pengembangan yang berlokasi di kampus Wageningen University di Belanda dan Science Park di Singapura.

Perjalanan FrieslandCampina 150 tahun membawa warisan bagi peternak dan koperasi susu perah Indonesia. Salah satunya adalah program pemberdayaan peternak Indonesia melalui Dairy Development Program (DDP) yang dilaksanakan oleh FFI.

“Di Indonesia kami juga menerapkan standar kualitas dengan menerapkan standarisasi kualitas pada proses produksi, kemasan, dan distribusi, berdasarkan sistem Foqus Food Safety & Quality,” katanya.

Keberlanjutan juga menjadi fokus utama dalam menerapkan program-program keberlanjutan termasuk juga di dua fasilitas produksi FrieslandCampina di Indonesia untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi manusia, peternak, dan bumi.

“Adapun inovasi menjadi dasar dari strategi, tujuan, dan rencana, yang dibangun FFI untuk terus meningkatkan pengetahuan dan menguak berbagai kebaikan dan manfaat nutrisi dalam susu. Kami akan terus berinovasi dan meningkatkan cara pengolahan makanan yang aman dan mendukung pemenuhan kebutuhan pangan dunia,” tambah Plant Manager PT Frisian Flag Indonesia Aryono Bambang Ardhyo.

Dalam hal keberlanjutan FrieslandCampina menuangkan komitmennya dalam prinsip Nourishing a Better Planet denganmenjaga hubungan yang seimbang antara peternak, lingkungan, dan konsumen. Strategi produksi yang seimbang dan mempertimbangkan kelestarian alam dipercaya akan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi peternak dan konsumen.

Hadir di acara perayaan 150 Tahun FrieslandCampina, Co Founder Parentalk.id Nucha Bachri yang mengutamakan produk-produk susu berkualitas bagi putra dan putrinya.

“Sebagai ibu dari 2 orang anak tengah tumbuh dan berkembang, saya terbilang pemilih saat menentukan produk susu apa yang boleh dikonsumsi anak-anak,” katanya.

Pengalaman 1,5 abad FrieslandCampina dan komitmennya dalam mengelola seluruh rantai produksi menjadi jaminan kualitas setiap produknya.

“Saya juga menghargai langkah FrieslandCampina yang memfokuskan pada keseimbangan alam melalui program Nourishing a Better Planet karena saya ingin anak-anak punya kesempatan hidup di lingkungan yang sehat dan baik di masa depan,” katanya.

Dalam satu dekade terakhir, FrieslandCampina telah mengambil ragam inisiasi dan upaya terbaik untuk menjaga kesehatan” konsumen, peternak, dan bumi, dan diharapkan dapat menciptakan masa depan berkelanjutan yang akan dinikmati oleh generasi mendatang.

“150 tahun juga untuk merayakan kerjasama yang baik antara peternak, koperasi, perusahaan, distributor, dan konsumen. Sebuah kemitraan yang sesungguhnya, yang mencerminkan collective progress bahwa kesuksesan adalah hasil kerja bersama, bukan perorangan. Bersama mitra, kami akan melanjutkan komitmen memberikan nutrisi terbaik dari produk susu kepada konsumen, dan merawat ternak serta alam yang telah menyediakan begitu banyak kebaikan bagi umat manusia,” tutup Andrew. (pia)

MIXADVERT JASAPRO