Ekbis  

Bea Cukai Kawal Ekspor Perdana Dua Perusahaan Lokal di Jogjakarta Dan Ternate

JagatBisnis.com –  Berkat asistensi yang secara konsisten dilakukan oleh Bea Cukai, kini semakin banyak pelaku usaha dalam negeri yang memiliki kesempatan mengekspor produknya ke pasar internasional. Kali ini dua perusahaan lokal yang berhasil melakukan ekspor perdana yaitu PT Komitrando Emperio di Jogjakarta dan PT Kelola Mina Samudra di Ternate.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah menyatakan bahwa upaya mendorong kegiatan ekspor yang terus dilakukan sejalan dengan program pemerintah. “Salah satu program pemerintah yaitu pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang salah satunya adalah upaya instansi pemerintah, termasuk Bea Cukai untuk mendorong ekspor,” ungkapnya.

PT Komitrando Emperio merupakan kawasan berikat di bawah pengawasan Bea Cukai Yogyakarta. Pada Agustus lalu perusahaan tersebu mengekspor produk tas ke Amerika sebanyak lima kontainer. Tas dengan nilai devisa mencapai Rp2 miliar tersebut diekspor melalui Pelabuhan Tanjung Emas. Berat bersih total komoditi tas tersebut adalah 7,15 ton dan dikemas dalam 2.021 karton.

Baca Juga :   Bea Cukai Gali Potensi Ekspor Produk Dalam Negeri hingga ke Pelosok

Tidak hanya di Pulau Jawa, ekspor juga dilaksanakan di wilayah timur Indonesia oleh PT Kelola Mina Samudra. Perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan ikan tuna dan cold storage tengah berupaya mengembangkan bisnisnya dengan mengekspor frozen yellowfin tuna ke Vietnam pada Agustus lalu.

Baca Juga :   Perempuan dan Peran Sertanya dalam Pengambilan Kebijakan

Firman menyatakan bahwa upaya mendorong ekspor yang dilakukan Bea Cukai merupakan komitmen dalam pemulihan ekonomi Indonesia. “Ekspor berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi, peningkatan nilai ekspor berarti peningkatan pertumbuhan ekonomi,” pungkas Firman. (srv)

MIXADVERT JASAPRO