Ekbis  

Bea Cukai Layani Ekspor Komoditi Unggulan di Beberapa Daerah

JagatBisnis.com – Bea Cukai secara aktif melayani dan mengawasi kegiatan ekspor dari berbagai daerah. Hal ini sejalan dengan upaya untuk mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Pada kesempatan ini, Bea Cukai Pantoloan melayani proses ekspor biji kakao PT Olam Indonesaia dengan tujuan Malaysia sebanyak 800 ton pada Jumat (27/08) lalu.

Bertempat di Gudang PT Olam Indonesia, kegiatan pelepasan ekspor dilaksanakan secara langsung, serta dihadiri Menko Bidang Perekomian dan Menteri Bidang Perindustrian. “Sebagaimana amanat dari Menko Perekonomian untuk secara kontinyu menggerakan roda perekonomian di Sulawesi Tengah, Bea Cukai akan terus menggali potensi ekspor komoditi unggulan, serta melayani kegiatan ekspor, baik yang eksportir lama ataupun calon eksportir,” ungkap Alimuddin.

Alimuddin juga menjelaskan bahwa Sulawesi Tengah telah ditetapkan menjadi salah satu produsen utama kakao nasional. Berdasarkan data tahun sebelumnya, Sulawesi Tengah telah menghasilkan kakao sebanyak 127,300 ton. “Tentunya kami berharap, kegiatan ekspor biji kakao ini dapat secara kontinyu dilaksanakan dari Sulteng, dan semoga dapat mendukung perekonomian masyarakat setempat,” pungkas Alimuddin.

Baca Juga :   Jalankan Fungsi Perlindungan Masyarakat, Bea Cukai Bekasi Musnahkan Jutaan Barang Kena Cukai Ilegal

Sementara Bea Cukai Ambon bersinergi dengan BKIPM dan Disperindag Provinsi Maluku, juga melayani ekspor PT Aneka Sumber Tata Bahari dengan komoditi loin tuna sebanyak 25.248kg atau 840 karton. “Pada Sabtu (28/08) kemarin, Bea Cukai melayani dan mengawasi proses ekspor loin tuna dengan negara tujuan Vietnam. Ekspor kali ini menyumbang devisa sebesar 199.634,56 USD,” papar Saut Mulia, Kepala Kantor Bea Cukai Ambon.

Baca Juga :   Lewat Program CVC, Bea Cukai Jalin Kedekatan dengan Para Penggeran Ekonomi Nasional

Saut juga menambahkan bahwa petugas Bea Cukai Ambon mengawasi proses stuffing loin tuna dari gudang perusahaan menuju ke pelabuhan Yos Sudarso. Saut berharap sinergi antar instansi terkait di Ambon dapat terus terjalin, sehingga akan banyak ekspor langsung komoditi unggulan yang secara kontinyu dilaksanakan ke depannya.

Selain itu, bertempat di Bandara Udara Frans Kaisiepo Biak, Bea Cukai melayani ekspor perdana dua pelaku usaha yaitu Indona Samudera Pasifik dan Samudra Lobster. Komoditi yang diekspor kali ini adalah produk perikanan berupa loin tuna sejumlah 150 kg, kepiting bakau hidup sejumlah 180 kg, 25.000 kg tuna beku dengan negara tujuan Singapura.

Baca Juga :   Sinergi Kementerian Keuangan, Bea Cukai Jawa Timur I Lakukan Joint Program

Pelepasan ekspor perdana yang diselenggarakan secara daring ini, turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, serta perwakilan instansi Pemerintah di Biak. “Dengan diselenggarakannya ekspor perdana untuk 2 pelaku usaha ini, kami berharap akan memacu pelaku usaha lainnya di Kabupaten Biak Numfor untuk menjadi eksportir yang memasarkan produk mereka ke pasar internasional,” ujar Budi Prasetiyo, Kepala Kantor Bea Cukai Biak.(srv)

MIXADVERT JASAPRO