Ribuan Hoaks Covid-19 Bingungkan Pejuang Isoman: Ini Peran Vitamin C, D dan Zinc Menjaga Imun Tubuh

JagatBisnis.com –  Sampai pekan pertama Agustus 2021, penambahan kasus positif Covid-19 harian di Indonesia masih berada di atas angka 30 ribu. Bahkan, jumlah kasus aktif di Indonesia menjadi terbesar keenam di dunia dengan 507.117. Situasi pandemi masih mengkhawatirkan. Sementara, banyak beredar informasi terkait Covid-19 yang tidak valid sumbernya. Bahkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat 1.828 konten hoaks mengenai Covid-19 telah tersebar melalui sosial media sejak Januari 2020 hingga awal Agustus 2021.

Baca Juga :   Ini Bedanya Sedot Lemak dan Bedah Bariatrik

Untuk mengklarifikasi dan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai referensi informasi yang tepercaya, HelloSehat bersama Kementerian Kesehatan, dan didukung oleh Redoxon, menggagas webinar bertajuk, “Hoaks, Fakta, Sains Pejuang Isoman Covid-19” yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait langkah kunci penanganan Covid-19 saat melakukan isolasi mandiri (isoman) secara menyeluruh. Kegiatan webinar menghadirkan pembicara utama: Dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan dan Juru Bicara Vaksin Covid-19, Dr. Suci Sutinah Diah Suksmasari, Country Medical Lead Consumer Health Bayer Indonesia, serta dr. Gia Pratama, praktisi kesehatan.

“Informasi yang keliru mengenai Covid-19 tidak hanya membingungkan masyarakat, tetapi juga berisiko membahayakan kesehatan. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah memberikan informasi yang benar berlandaskan sains untuk penanganan Covid-19 secara menyeluruh, termasuk tatalaksana bagi pasien isoman,” ungkap Dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan.

Baca Juga :   4 Cara Tangkal Varian AY.4.2 Agar Tidak Menyebar di Indonesia

“Tak terkecuali, pedoman isoman secara non-farmakologis (non-obat), seperti panduan menjaga rumah tetap higienis serta perilaku 3M oleh pasien dan keluarganya. Juga, tak kalah penting, panduan secara farmakologis (terkait obat-obatan), termasuk anjuran pentingnya nutrisi tambahan meliputi vitamin C, D dan Zinc untuk membantu membangun imunitas tubuh,” lanjutnya.(hab)

MIXADVERT JASAPRO