3 Hari ke Depan, Warga NTB Diminta Waspada Angin Kencang

Cuaca buruk berupa angin kencang dan gelombang tinggi.

JagatBisnis.com – Sebagian wilayah di Nusa Tenggara Barat (NTB) diterpa angin cepat hari ini ialah Minggu, 4 Juli 2021. Berdasarkan amatan alat, angin lumayan cepat terjadi di Kecamatan Lembar dan Gerung, Lombok Barat sejak siang tadi.

Prakirawan Cuaca BMKG ZAM Wulan Wandarana menjelaskan kalau pemicu angin cepat dampak terdapatnya pusat tekanan kecil di perairan Samudera Hindia Barat Energi Indonesia.

” Berdasarkan analisa informasi situasi fisis gairah suasana terpantau terdapatnya pusat tekanan kecil di Wilayah Perairan Samudera Hindia Barat Energi Indonesia( 1009 hPa),” tutur Wulan saat dihubungi, Minggu, 4 Juli 2021.

Baca Juga :   Cuaca Ekstrem Ancam Kota Malang

Wulan menjelaskan, dampak terdapatnya perbandingan tekanan yang besar ataupun penting antara pusat tekanan besar di wilayah Australia( 1028 hPa) dengan pusat tekanan kecil di Samudera Hindia Barat Energi Indonesia, terjadi akibat pada kenaikan kecekatan angin di wilayah NTB dan sekelilingnya.

Baca Juga :   BMKG: Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa di 29 Daerah Jatim

” Angin dataran di wilayah NTB berhembus dengan alterasi arah berkuasa dari timur- selatan dengan kecekatan angin maksimal mencapai 35 kilometer atau jam,” tuturnya.

Situasi itu berpotensi akan terjadi sampai 3 hari ke depan. Kecekatan angin di NTB akan terasa lumayan cepat.

Baca Juga :   Warga DKI Diminta Waspada karena Diprediksi Cuaca Ekstrem Terjadi hingga 6 November 2021

” Situasi cuaca wilayah NTB untuk 3 hari ke depan masih berpotensi terjadi kenaikan kecekatan angin di wilayah NTB,” ucapnya.

Warga diimbau untuk lebih cermas kepada kemampuan ancaman yang bisa ditimbulkan semacam pohon- pohon rebah ataupun gelombang besar.(ser)

MIXADVERT JASAPRO