BSI Gandeng Shopee Gelar Pelatihan Go Digital

JagatBisnis.com – Dalam rangka memperingati Hari UMKM Internasional, Bank Syariah Indonesia (BSl) terus berupaya meningkatkan bisnis sektor mikro dan UKM dengan berbagai strategi. Kali ini, bersama Shopee Indonesia menggelar Pelatihan Go Digital bagi 1.000 UMKM di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dimulai sejak Juni hingga November 2021 mendatang.

Direktur Retail Banking, BSI, Kokok Alun Akbar mengatakan, pihaknya menyadari saat ini ada 60 juta UMKM di Indonesia yang menjadi tulang punggung ekonomi bangsa. Sehingga perlu mendapatkan dukungan dan akses dalam mengembangkan usaha untuk dapat beradaptasi dengan teknologi yang memungkinkan untuk go digital. Maka, dengan adanya inovasi produk akan tercipta UMKM secara berkelanjutan dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.

“Sebagai wujud komitmen kami dalam mengembangkan UMKM, per Mei 2021 telah disalurkan pembiayaan UMKM mencapai Rp33,06 triliun atau sebesar 22,57 persen dari total pembiayaan kami. Angka ini didorong dari berbagai program dan sinergi pembiayaan, seperti dengan pesantren, BUMN, maupun lembaga lainnya,” kata Alun dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (27/6/2021).

Baca Juga :   BSI Siap Menjadi 10 Besar Global

Menurutnyq, pelatihan yang digelar itu terdiri dari proses pembinaan UMKM dari hulu ke hilir. Di antaranya memahami potensi bisnis online, customer behavior, fotografi produk, copywriting produk hingga pemasaran di e-commerce. Selain itu, pihaknya juga melakukan beberapa program strategis, seperti pengembangan dalam bentuk pendampingan, pembiayaan, hingga edukasi dan literasi kepada UMKM di Indonesia.

Baca Juga :   BSI Salurkan Zakat Perusahaan ke BAZNAS Rp72 Miliar

“Makanya, kami siap menjadi mitra keuangan sahabat UMKM melalui akses permodalan mikro, coaching dan fasilitator dengan para standby buyer melalui pemasaran produk baik offline maupun online. Sehingga keuangan keberlanjutan melalui bisnis UMKM dapat terus meningkat. Apalagi, kami memiliki berbagai produk pembiayaan KUR dengan plafon pembiayaan mulai dari Rp10 juta hingga Rp500 juta dengan proses cepat dan akad sesuai syariah,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia, Radityo Triatmojo menyambut baik dan mengapresiasi kolaborasi yang dihadirkan BSI dalam mengembangkan bisnis UMKM di Indonesia untuk go digital bersama Shopee. Untuk dapat menjaga keberlangsungan bisnis UMKM secara optimal, dibutuhkan pendampingan hulu ke hilir berkelanjutan yang terintegrasi dari semua pihak.

Baca Juga :   BSI Tebar Dividen Rp757 Miliar

“Kami berharap kerja sama ini dapat menjadi salah satu akselerasi para pelaku bisnis lokal agar berkembang secara efektif dan optimal. Karena saat ini ada 74 persen dari UMKM belum memiliki akses pada produk/layanan keuangan formal untuk membiayai usahanya, sehingga mereka dapat memanfaatkan berbagai potensi Indonesia dalam ekonomi digital,” tutup Radityo. (eva)

MIXADVERT JASAPRO