Sejak Pandemi, Jumlah Jenazah COVID-19 yang Dikubur di TPU Buni Ayu Melonjak

JagatBisnis.com – Jumlah jenazah penderita terkena COVID- 19 yang dimakamkan di Tempat Pekuburan Umum (TPU) Buni Cantik, Sukamulya, Kabupatan Tangerang, Banten, dikabarkan meningkat ekstrem 15- 16 badan per hari dalam seminggu terakhir.

Jumlah itu ialah lonjakan ekstrem bersamaan kenaikan permasalahan kematian penderita terkena virus corona di Tangerang selama endemi sejak tahun 2020. Biasanya, bagi administratur terkait, aparat menguburkan satu- dua jenazah per hari, tetapi saat ini 15- 16 setiap hari paling utama sejak setelah Idulfitri Idul Fitri.

“ Biasanya, saat sebelum Idulfitri, kita cuma mengebumikan satu sampai 2 jenazah saja—itu juga tidak setiap hari. Tetapi, saat ini meningkat lumayan besar sampai 16 jenazah per harinya,” tutur Kepala Bidang Penguburan, Dinas Perumahan, Kawasan tinggal dan Pekuburan Kabupaten Tangerang, Dadan Darmawan, Rabu, 23 Juni 2021.

Baca Juga :   Kronologi Puluhan Orang Nekat Jemput Paksa Jenazah

Bahkan, tuturnya, tren permasalahan penjangkitan corona pasca- Idul Fitri 2021 lumayan besar dibanding pada saat dini timbulnya wabah pada 2020 dan dini 2021. Pada dini 2020, biasanya aparat mengebumikan 5 jenazah, sedemikian itu pula pada dini 2021.

Baca Juga :   Kasus COVID-19 di Cimahi Melonjak

Ketersediaan tanah di TPU Buni Cantik, bagi Dadan, masih lumayan besar: sekira 60 hektare, spesial untuk jenazah terkena COVID- 19.“ Cuma saja memang angkanya yang besar, dan ini pastinya membuat kita pilu.”

Baca Juga :   Pendatang yang Langgar Prokes akan Dikarantina

Sementara ini tanah pekuburan itu telah terisi 698 lubang dari 1. 000 petak ataupun lubang yang diadakan. Aparat akan menaikkan lagi lubang untuk mengestimasi lonjakan permasalahan kematian.(ser)

MIXADVERT JASAPRO