Mustahik Binaan BAZNAS Akan Berkurban pada Idul Adha 1442 H

JagatBisnis.com – Umat muslim di seluruh dunia tak lama lagi akan merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh tiap tanggal 10 Dzulhijjah. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus berupaya memperhatikan kesejahteraan masyarakat, termasuk mutahik binaan lembaga program Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS di Desa Beting, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Dalam pemberdayaan di Desa Beting, BAZNAS memberikan hewan ternak kepada kelompok mustahik.

Pada Kamis (10/6) pukul 09.00 WIB, Sahabat ZCD melakukan kontrol ke kelompok peternak Desa Beting yang berencana akan berkurban pada tahun ini. Yatiman (50) salah satu mustahik binaan dari Kelompok Ternak Sapi Terpadu Desa Beting yang memiliki seekor sapi jantan dengan usia 2 tahun yang sudah bisa untuk dikurbankan.

Baca Juga :   BAZNAS Bangkitkan Warung Heni Si Wanita Tangguh Asal Garut

Adapun total populasi ternak sapi yang berada di kandang Yatiman yakni sebanyak 6 ekor, dengan rincian 2 ekor induk betina, 1 ekor induk jantan, 1 ekor anak sapi jantan, dan 2 ekor anak sapi betina.

Rasa gembira dirasakan Yatiman yang hewan ternaknya akan dikurbankan pada tahun. “Selama kurang lebih 2 tahun saya memelihara sapi ini, hujan panas saya rawat dengan sepenuh hati sehingga pada Idul Adha tahun ini saya bisa melihat ternak saya menjadi hewan kurban yang nantinya akan dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha,” ujarnya dengan haru bahagia.

Baca Juga :   BAZNAS Jalin Kerja Sama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka

Tidak hanya Yatiman, Miswan salah satu anggota kelompok ternak sapi Beting terpadu juga telah menyiapkan seekor sapi jantan miliknya untuk dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha nanti.

Sehingga Kelompok Ternak Sapi Beting Terpadu pada kali ini menjadi tahun pertama mustahik untuk memenuhi syarat untuk dikurbankan dengan total 2 ekor sapi jantan milik Yatiman dan Miswan. Dengan populasi keseluruhan ternak sapi Kelompok Ternak Sapi Beting Terpadu berjumlah 25 ekor, dengan perincian 13 ekor induk sapi betina, 2 ekor induk sapi jantan, 4 ekor anak sapi jantan, dan 6 ekor anak sapi betina.

Baca Juga :   Madrasah dan Ponpes Dapat Bantuan Mobil Operasional dari BPKH dan BAZNAS

Nantinya, hewan ternak yang dikurbankan, akan mendapat pemeriksaan dari doter hewan dari Dinas Peternakan Kabupaten dan PPL Desa Beting, agar ternak sapi memenuhi kriteria hewan kurban, tak hanya dari segi umur dan bobot ternak tetapi dari segi kesehatan ternak itu sendiri.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO