Ekbis  

FKDB Catat Rekok Ekspor Tempe Azaki ke Jepang

JagatBisnis.com – Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) mencatatkan sejarah dengan berhasil mengekspor produk makanan khas Indonesia yakni tempe ke Jepang.

Ekspor ini dilakukan melalui salah satu unit usaha binaannya yaitu Rumah Tempe Azaki Bogor dengan bekerjasama dengan PT Arumia Kharisma Indonesia dan Kobe Bussan.,Co.Ltd Japan.

Acara seremonial pelepasan 4,8 ton ekspor tempe ke Jepang dilaksanakan secara langsung dari lokasi gudang cold storage Komplek Pergudangan Bosco Blok T No 11-12 Penjaringan, Jakarta Utara dan juga disiarkan secara virtual di Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo.

Baca Juga :   Membangun Optimisme Sektor UMKM di Tahun 2021

Turut hadir dalam acara ini yaitu para pejabat dari Kementerian Perdagangan RI diantaranya Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional-Didi Sumedi (via aplikasi zoom), Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor-Hari Widodo, dan Direktur Ekspor Produk Industri dan Pertambangan-Luther Palimbong, kemudian Ketua Umum Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH)-Kris Budihardjo, Ketua Forum Tempe Indonesia-Made Astawan, BPOM Pusat, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor-Ganjar Gunawan.

Baca Juga :   Ciptakan Peluang saat PPKM, UMKM Perlu Kembali ke Online

Dalam sambutannya, semua pejabat mengapresiasi keberhasilan FKDB dalam membina UKM Tempe hingga bisa memenuhi pasar ekspor.

Hal ini dibuktikan dengan diterimanya Tempe Azaki di Jepang sehingga menjadikan Tempe Azaki sebagai produk yang mumpuni. Dengan pencapaian tersebut, Rumah Tempe Azaki dianggap sebagai survival inovation bagi UKM lainnya dalam arti memberikan motivasi kepada UKM-UKM tempe khususnya kepada 35 pengrajin tempe di wilayah Kota Bogor.

Selanjutnya, dengan pelaksanaan ekspor tempe ini, Kementerian Perdagangan merasa bangga karena bertambah lagi komoditas produk pangan yang bisa tembus pasar internasional terlebih ditengah masa pendemi Covid-19.

Baca Juga :   Ada Kebocoran BLT UMKM, Pemerintah Harus Gandeng Daerah

Pemerintah pun siap mendukung penuh FKDB dengan Rumah Tempe Azaki nya untuk bisa mengembangkan pasar ekspornya ke negara-negara lainnya agar volume ekspornya terus tumbuh dan meningkat.

H. Ayep Zaki, Ketua Umum FKDB dalam sambutannya menyampaikan, FKDB akan terus komitmen dengan program ekspor berbasis UKM.

“Di awali dengan produk tempe ini dan menyusul untuk produk-produk lain berbasis perkebunan dan peternakan,” ucap Zaki.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO