Bulan Depan, Vaksinasi Tahap 3 Dimulai

JagatBisnis.com –   Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan vaksinasi Covid-19 tahap ketiga akan dimulai pada Juli 2021.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan sasaran vaksinasi tahap ketiga ini adalah masyarakat rentan yang dibagi dengan geospasial, sosial ekonomi yang rentan, dan masyarakat umum lainnya.

“Untuk tahap ketiga ini akan kita mulai vaksinasi sebenarnya mulai pada bulan Juli, dan yang kita akan sasar yaitu masyarakat rentan. Nah, karena masalah geospasial maka akan kita bagi dengan zona merah, kemudian masyarakat dengan sosial ekonomi yang rentan, dan masyarakat umum lainnya,” ungkap Maxi pada talkshow di Radio Kesehatan Kemenkes, Rabu (2/6/2021).

Baca Juga :   Menangkal Hoaks Vaksin COVID-19 bersama Pendekar Biru

Maxi mengatakan bahwa yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 tahap ketiga ini tetap 181 juta. Namun, sebagian sudah dikurangi dari vaksinasi pada tahap pertama sebanyak 1,4 juta tenaga kesehatan, kemudian tahap kedua secara paralel menyasar sebanyak 21,5 juta lansia, dan 17,4 petugas pelayanan publik.

Baca Juga :   Berita Hoax yang Sedang Banyak Beredar, Salah Satunya Vaksin COVID-19

Maxi mengatakan capaian vaksinasi pada tahap pertama yang menyasar pada tenaga kesehatan sudah hampir 100 persen.

“Kita tahu bersama bahwa saat ini kita sudah pada tahap kedua. Tahap ini kita sudah lewat dengan total sasaran pada tahap satu dan dua 40,3 juta. Tahap 1 pada tenaga kesehatan yang kita bersyukur capaiannya (untuk dosis kedua) mendekati 100 persen,” katanya.

Baca Juga :   Warga Antusias Vaksinasi Booster di Kawasan Industri PT JIEP Berlangsung hingga 23 Maret 2022

Maxi pun mengatakan bahwa total dosis yang telah disuntikkan pada vaksinasi tahap satu dan dua telah mendekati 28 juta dosis.

“Dosis pertama yang telah kita pakai sebesar 41,13 persen dan untuk cakupan yang kedua sebesar 26,55 persen dari sasaran yang 40 juta lebih,” katanya.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO