Ekbis  

Sinergi Lintas Instansi, Dorong Ekspor dari Daerah

JagatBisnis.com – Untuk mengoptimalkan pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi, Bea Cukai secara aktif menggandeng instansi terkait lainnya untuk menjalankan ekspor dari berbagai daerah. Seperti talkshow yang dilaksanakan di Tasikmalaya yang menggandeng Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Tasikmalaya, dengan tema Muda, Peduli, Membangun Perekonomian Negeri.

Bertempat di Hotel Grand Metro Kota Tasikmalaya pada Senin (04/05), kegiatan ini dihadiri oleh pejabat HIPMI Jawa Barat dan Tasikmalaya, anggota DPRD Komisi IV, perwakilan Forum Kewirausahaan Pemuda. Pejabat Fungsional Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Tasikmalaya, Ismail Hakim, menyampaikan dalam sambutannya, “kami siap mendukung pengusaha untuk dapat melaksanakan ekspor. Dengan memberikan asistensi terkait prosedur ekspor, sampai pendampingan pengurusan dokumen kepabeanannya. Bea Cukai menjamin kemudahan pengurusan ekspor dan tidak dipungut biaya tentunya.”

Sementara itu, mengingat Kota Ambon sebagai ibukota provinsi, sekaligus pusat aktivitas ekonomi dan transit bisnis baik secara lokal, regional maupun nasional, Bea Cukai membuka peluang usaha baik dari skala mikro maupun makro untuk melaksanakan ekspor.
Bertempat di Kantor Balai Kota Ambon diselenggarakan kegiatan koordinasi yang dihadiri perwakilan dari beberapa satuan kerja terkait kegiatan ekspor impor dan penanaman modal, serta beberapa pengguna jasa. Pada kesempatan ini, PT Maluku Prima Makmur menyampaikan apresiasi pada pemerintah karena telah mendampingi kegiatan perikanan usaha miliknya hingga dapat melakukan ekspor.

Baca Juga :   Bea Cukai Gencarkan Sosialisasi dan Asistensi Aturan Impor

Saut Mulia, Kepala Kantor Bea Cukai Ambon mengungkapkan, “untuk dpat bersaing di pasar global, tentunya kita perlu bersinergi memperkuat daya komparatif UKM dari Maluku. Kita dapat memudahkan proses bisnis eksportir melalui pelayanan yang cepat, efektif, dan gratis.”

Baca Juga :   Bea Cukai Berikan Asupan Informasi Terkait Cukai Bagi Masyarakat di Wilayah Jawa Barat

Sebagai tindak lanjut dari kegaitan koordinasi, pada Rabu (05/05) Bea Cukai melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku untuk membahas kontinuitas ekspor pala langsung dari Maluku.

Baca Juga :   Bea Cukai Jogjakarta Lakukan Pengawasan Importasi Perusahaan Penerima FasilitasKITE

“Dengan menumbuhkan angka ekspor di Maluku, tentunya kita berharap dapat menyejahterakan para petani dan membantu memajukan perekonomian daerah,” pungkas Saut.(srv)

MIXADVERT JASAPRO