Kalbe Integrasikan Layanan Deteksi Dini Kanker melalui Klikdokter dan One Onco

JagatBisnis.com –  PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usahanya KlikDokter dan One Onco berkolaborasi dalam mengatasi penyakit kanker di Indonesia dengan meningkatkan kesadaran akan deteksi dini kanker yang dapat dilakukan melalui layanan konsultasi online.

Kolaborasi ini ditandai melalui webinar media bertema “Cegah Kanker, Deteksi Dini Sekarang Juga!” dengan narasumber dr. Daeng M Faqih, SH., MH (Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia), Dr. dr. Denni Joko Purwanto, Sp.B (K) Onk (Dokter Spesialis Onkologi RS Omni Alam Sutra), Dino Bramanto (Direktur Utama KlikDokter), dr. Selvinna (Marketing General Manager One Onco) dan Yoppy Hadi Soeyanto (Project Senior Managar One Onco).

Dino Bramanto, Direktur Utama KlikDokter mengatakan, KlikDokter sebagai salah satu platform digital kesehatan yang sudah hadir sejak 2008 memiliki tujuan memberikan kemudahan akses baik layanan kesehatan, edukasi dan konsultasi (live chat) yang bisa menjangkau seluruh penduduk Indonesia sehingga peran KlikDokter perlu kita kembangkan sehingga manfaatnya semakin luas dan baik.

Baca Juga :   KALBE Luncurkan @sepenuhnapas: Wadah Edukasi Kesehatan Pernafasan

“Dengan dukungan IDI dan bertepatan dengan hari Kartini, kami meluncurkan layanan khusus online (live chat) secara gratis dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB setiap hari untuk membantu pengguna mendeteksi dini kanker, sehingga kanker bisa di cegah sejak dini,” kata Dino.

Sementara dr. Daeng M Faqih, SH., MH, Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia mengatakan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyambut baik kehadiran platform digital edukasi dan informasi seputar penyakit kanker dari One Onco dengan KlikDokter.

“Seperti kita ketahui deteksi dini merupakan kunci dalam menghadapi kanker, sebab apabila terlambat maka keparahan dan penyembuhan penyakit kan semakin berat. Untuk itu early detection sangat penting, dengan hadirnya aplikasi ini diharapkan masyarakat mendapatkan informasi dan konsultasi seputar deteksi dini kanker dari dokter yang terpercaya, valid dan tidak hoaks,” kata dr. Daeng.

Baca Juga :   Kalbe Melalui Fatigon Promuno Dukung Lengkapnya Perlindungan Vaksinasi COVID-19

Sedangkan, Dr. dr. Denni Joko Purwanto, Sp.B (K) Onk, Dokter Spesialis Onkologi RS Omni Alam Sutra mengatakan, dengan adanya layanan platform digital atau telemedis seperti KlikDokter dan One Onco ini memudahkan masyarakat untuk melakukan konsultasi tentang kanker antara dokter dan pasien tanpa harus tatap muka khususnya di era pandemi COVID-19 serta membantu masyarakat Indonesia mendapatkan informasi yang baik dan benar terkait kanker.

Yoppy Hadi Soeyanto. Project Senior Manager One Onco PT Kalbe Farma Tbk menambahkan, One Onco merupakan sebuah layanan (ekosistem) onkologi terintegrasi yang memberikan solusi komprehensif kepada pasien kanker, melalui layanan diagnostik terpadu, terapi (pengobatan) hingga komunitas.

Baca Juga :   Kalbe Kenalkan Negeri Jahe Merah

“Melalui kolaborasi One Onco dengan KlikDokter kami berupaya membantu pemerintah dan masyarakat untuk menurunkan angka kejadian penyakit kanker di Indonesia melalui informasi seputar kanker yang terpercaya (anti hoaks) dan memperluas akses kepada masyarakat khususnya terkait informasi seputar deteksi dini kanker, melalui media konsultasi online,” lanjut Yoppy.

Seperti diketahui empat kasus baru kanker di dunia didominasi oleh payudara, paru, kolon dan prostat. Sedangkan di Indonesia kasus kanker didominasi oleh payudara, serviks, paru dan kolon. (sumber: Globocan, WHO, 2020). Kematian akibat kanker di seluruh dunia lebih tinggi dibanding penyakit jantung dan stroke; lebih tinggi dibanding total kematian akibat TBC + Malaria + AIDS. Jumlah ini terus meningkat hingga diperkirakan mencapai lebih dari 2 kali lipat dalam 20 tahun dan 70% terjadi di negara berkembang.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO