Pasca Pandemi, Keterampilan Lebih Utama Dibandingkan Pengalaman Kerja

JagatBisnis.com – Pandemi Covid-19 merubah semua lini sektor, termasuk dunia kerja. Perusahaan pun dituntut untuk terus berkembang untuk menghadapi situasi seperti pandemi.

Perusahaan pun beradaptasi dengan masa depan pasca pandemi, kemampuan individu untuk menunjukkan keterampilan utama bisa menjadi lebih penting daripada pengalaman atau jabatan mereka sebelumnya.

Hal itu merupakan pemikiran di Microsoft dan LinkedIn, yang mengatakan transformasi bisnis yang cepat di bawah pandemi telah mengubah cara perusahaan merekrut dan mengembangkan staf mereka.

“Keterampilan akan menjadi mata uang baru di dunia pasca-pandemi,” kata presiden dan wakil presiden perusahaan Microsoft Asia, Ahmed Mazhari dilansir CNBC Make It.

Kebijakan lockdown yang disebabkan oleh virus Corona memaksa pemberi kerja untuk bergerak cepat melalui tahun 2020, menerapkan teknologi baru dan cara kerja yang fleksibel.

Direktur pelaksana dan wakil presiden LinkedIn untuk Asia-Pasifik dan Cina, Olivier Legrand mengatakan, akibatnya lima tahun percepatan terjadi dalam satu tahun. Sekarang, tempat kerja menginginkan bukti bahwa karyawan dapat mengikuti laju perubahan.

Baca Juga :   Tahun 2021, RS di Indonesia Hampir Kolaps

Menurut LinkedIn, lebih dari tiga perempat (77 persen) pekerjaan yang diposting di platformnya di Asia-Pasifik tahun ini berfokus pada keterampilan di depan pengalaman industri dan jabatan tertentu. Sementara itu, individu telah melipatgandakan pengembangan diri, menghabiskan 43 juta jam di LinkedIn Learning pada tahun 2020 saja.

“Setiap perusahaan harus memikirkan versi digitalisasi mereka sendiri, dan itu membutuhkan serangkaian keterampilan baru,” kata Legrand.

Yang paling utama di antaranya adalah keterampilan terkait teknologi, seperti pembelajaran mesin, pengembangan perangkat lunak, pemasaran digital, dan analitik data. Keterampilan non-teknis seperti kepemimpinan, manajemen proyek dan komunikasi juga menjadi semakin penting.

Pergeseran itu dapat mempercepat inovasi dan, sebagai hasilnya, pertumbuhan ekonomi, terutama di Asia, kata Mazhari dari Microsoft.

“Pembelanjaan teknologi sebagai persentase dari PDB (produk domestik bruto) akan berlipat ganda selama dekade berikutnya dari 5 persen menjadi 10 persen secara global. Kami akan melihat sebagian besar percepatan (di Asia) karena tingkat pertumbuhan kami lebih tinggi,” kata Mazhari.

Baca Juga :   Orang Miskin di Jakarta Bertambah, Corona Bikin Banyak Karyawan Dipecat

International Data Corporation telah memperkirakan bahwa pengeluaran teknologi informasi dan komunikasi global akan tumbuh setidaknya 5 persen setiap tahun dari 2021 hingga 2023 karena perusahaan dan negara mengejar ketinggalan setelah pandemi.

Dalam lima hingga 10 tahun ke depan, teknologi baru – seperti robotika, kecerdasan buatan, dan realitas buatan dan virtual – akan menyumbang 25 persen dari pengeluaran itu, perusahaan riset pasar menambahkan.

“Banyak negara akan melewatkan banyak rangkaian industrialisasi dan kemajuan teknologi,” kata Mazhari, menggambarkan Asia sebagai mosaik kematangan teknologi, dengan China di satu sisi dan Kamboja di sisi lain.

Benua yang luas dengan 4,3 miliar orang juga memiliki kaum muda di sisinya. Mazhari mencatat bahwa tenaga kerja muda dapat beradaptasi dengan cepat terhadap teknologi baru.

Menurutnya, Asia adalah rumah bagi beberapa orang termuda di dunia. Pada tahun 2020, usia rata-rata penduduk India adalah 28,7 tahun, sedangkan Malaysia adalah 29,2 tahun dan Indonesia 31,1, menurut Central Intelligence Agency. Itu sebanding dengan 38,5 di AS dan 40,6 di Inggris Raya.

Baca Juga :   Tips Jaga Kesehatan Mental di Rumah Selama Pandemi

Karena itu, lembaga pendidikan harus mulai membekali siswanya untuk masa depan yang berfokus pada keterampilan. “Infus keterampilan akan menjadi perubahan paling kritis yang perlu dilakukan oleh sistem pendidikan, yang perlu diterapkan oleh pemerintah secara signifikan.”

Untuk membantu transisi tersebut, tahun lalu Microsoft dan LinkedIn berjanji untuk membekali 25 juta orang dengan keterampilan digital baru melalui kursus online gratis dari Microsoft Learn, LinkedIn Learning, dan GitHub Learning Lab. Hingga saat ini, telah membantu 30 juta orang di 249 negara, hampir enam juta di antaranya di Asia, menurut Microsoft.

Perusahaan sekarang berencana untuk membantu 250.000 perusahaan melakukan perekrutan berbasis keterampilan pada tahun 2021 melalui alat baru seperti LinkedIn Skills Path, yang memungkinkan pemberi kerja untuk menyaring kandidat berdasarkan keterampilan.

Legrand dari LinkedIn mengatakan penilaian terapan semacam itu dapat mengurangi subjektivitas di antara manajer perekrutan dan meningkatkan keragaman dan inklusi.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO