Kementerian PUPR Mulai Pembangunan Rusun Universitas Muhammadiyah Jambi

JagatBisnis.com – Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan memulai proses pembangunan rumah susun Rusun Universitas Muhammadiyah (UM) Jambi. Rencananya Kementerian PUPR akan membangun Rusun untuk para mahasiswa UM Jambi sebanyak satu tower dengan jumlah unit hunian tipe 24 sebanyak 43 unit.

“Kementerian PUPR akan terus melakukan peningkatan mutu pendidikan, salah satunya pembangunan rumah susun sebagai asrama mahasiswa,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (6/4/2021).

Pembangunan Rusun untuk mahasiswa, imbuh Khalawi, merupakan bagian dari pelaksanaan Program Satu Juta Rumah yang dilaksanakan oleh pemerintah. Para mahasiswa yang merupakan generasi milenial diharapkan dapat belajar tinggal di hunian vertikal saat menuntut ilmu di bangku perguruan tinggi.

Baca Juga :   Kementerian PUPR: 8.115 RTLH di Kalbar Dapat Bantuan Program BSPS

Proses pelaksanaan pembangunan Rusun tersebut ditandai dengan Acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Susun Universitas Muhammadiyah (UM) Jambi yang dilaksanakan oleh Direktur Jenderal Perumahan yang diwakili oleh Direktur Rumah Susun, Maryoko Hadi. Turut hadir dalam acara tersebut Rektor universitas muhammadiyah, Nurdin, Anggota DPR RI Komisi V Bakri, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera IV, Indra M Sutan, Kepala Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Provinsi Jambi, Tambat Yulis, PPK Rumah Susun dan Rumah Khusus, Nurmala Tirta, Camat Alam Barajo, Lurah Bagan Pete, dan para Dosen dan perwakilan beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Catat Capaian PSR Tembus 466.011 Unit

Anggota DPR RI Komisi V, Bakri pada kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat untuk pembangunan rumah susun dan rumah khusus di Provinsi Jambi.

“Kami minta kontaktor pelaksana dan manajemen konstruksi agar bisa melaksanakan pembangunan rumah susun ini dengan baik dan cepat agar segera bisa digunakan oleh mahasiswa,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera IV, Indra M Sutan menyatakan, Rumah Susun Asrama Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Jambi akan dibangun sebanyak satu tower setinggi tiga lantai. Unit hunian yang dibangun adalah tipe 24 yang berjumlah 43 unit.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Target Pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi IKN Selesai Tahun Depan

“Anggaran pembangunan fisik Rusun ini adalah Rp 13,68 Milyar sedangkan untuk pengadaan meubelair masih dalam tahap proses tender. Kami akan melengkapi Rusun ini dengan fasilitas meubelair seperti tempat tidur, lemari, meja dan kursi belajar. Kami juga berharap semua tenaga kerja dalam proses pembangunan bisa tetap mematuhi protokol kesehatan dan bekerja sesuai spesifikasi yang telah ditetapkan,” tandasnya. (srv)

MIXADVERT JASAPRO