Ekbis  

Optimalkan Penerimaan Negara, KPK Berkoordinasi dengan Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara

JagatBisnis.com –  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap mendorong optimalisasi penerimaan negara di bidang perpajakan dan kepabeanan dan cukai. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi Utara dalam rangka koordinasi optimalisasi peneriman negara, Selasa (30/03).

Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagtara, Cerah Bangun mengungkapkan bahwa pihaknya bersama-sama dengan instansi terkait telah sukses dalam mewujudkan direct call ekspor dari Bandara Sam Ratulangi Manado menuju Jepang dan Singapura, bertujuan untuk meningkatkan volume ekspor, meningkatkan daya saing produk dalam negeri, serta membuka kesempatan produk lokal untuk merambah pasar internasional.

Kelebihan ekspor langsung ini, kata Cerah, yaitu efisiensi waktu pengiriman karena waktu tempuh yang lebih cepat, efisiensi biaya yaitu biaya logistik yang lebih murah, kepastian slot kargo dan kualitas barang terjaga. Selain itu Bea Cukai Sulbagtara turut mendorong peningkatan ekspor.

Baca Juga :   Bea Cukai Terus Optimalkan Layanan Ekspor Fasilitas Kawasan Berikat

“Bea Cukai Sulbagtara berhasil membuka peluang ekspor bagi para UMKM di Provinsi Sulawesi Utara dengan meluncurkan direct call export dari Manado ke Jepang dan Singapura,” ungkap Cerah.

Baca Juga :   Bea Cukai Berikan Sosialisasi Pemanfaatan DBHCHT Kepada Pemerintah Daerah

Sementara itu, Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, berpesan kepada seluruh hadirin di ruang rapat bahwa sebagai aparatur sipil negara harus selalu berintegritas dalam menjalankan pekerjaan dan selalu meningkatkan performa dalam menjalankan pekerjaan, sehingga pencapaian penerimaan khususnya di Sulawesi utara akan menjadi lebih optimal.

Baca Juga :   Jalankan Operasi Pasar, Bea cukai Amankan Jutaan Rokok Ilegal

“Jagalah integritas, jangan takut atau ragu-ragu jika kita melakukan sesuatu yang benar,” himbau Alexander.

Di akhir acara, Cerah Bangun menyampaikan apresiasi atas kedatangan Alexander Marwata ke Sulawesi Utara, dan berharap semoga kerjasama antara Bea Cukai dengan Komisi Pemberantasan Korupsi dapat selalu terjalin dengan baik, sehingga akan selalu tercipta pengawasan dan penerimaan negara yang optimal. (srv)

MIXADVERT JASAPRO