Ekbis  

Tips Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi Covid-19

Ilustrasi merencanakan keuangan.

JagatBisnis.com –  Covid- 19 tidak membolehkan siapa juga untuk memperkirakan suasana semacam apa yang akan terjadi di era depan. Apalagi tahun depan, memperkirakan apa yang akan terjadi minggu depan saja susah. Tidak cuma kondisi ekonomi nasional yang susah untuk diprediksi, tetapi pula suasana finansial individu setiap orang.

Baca Juga :   DANA Terus Dorong Digitalisasi Perekonomian Daerah  

Ucapan pertanyaan finansial, virus corona akhirnya membelah warga jadi 2 kelompok. Kelompok awal merupakan banyak orang yang mengalami tekanan keuangan karena pemasukan menurun ataupun bahkan lenyap.

Mereka merupakan pegawai yang wajib mengalami PHK, upaya mikro, kecil, dan menengah( UMKM) yang usahanya tersendat, dan banyak orang yang situasi keuangannya sudah darurat saat sebelum darurat Covid- 19. Kelompok kedua merupakan beberapa orang yang lebih asian karena penghasilannya tidak tersendat.

Baca Juga :   Sri Mulyani Optimis Pendapatan Negara di 2023 Naik hingga 11,7 Persen

Mereka dapat melunaskan angsuran dan pinjaman, ataupun bahkan menyimpan uang lebih banyak. Alasannya, pengeluaran mereka pula mengalami penyusutan dampak aplikasi pemisahan sosial yang diberlakukan oleh penguasa. (ser)

MIXADVERT JASAPRO