Ekbis  

Tinjau Joint Inspection, Dirjen Bea Cukai Kunjungi Tanjung Emas

JagatBisnis.com – Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani melakukan tinjauan langsung proses pemeriksaan bersama yang dilakukan antara Bea Cukai dengan Badan Karantina sebagai implementasi dari Single Submission (SSM) dan Joint Inspection Customs and Quarantine pada Kamis, (25/3) di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Tinjauan langsung yang merupakan bagian dari kunjungan kerja ke Kantor Bea Cukai Tanjung Emas menjadi cara Dirjen Bea Cukai baru untuk melihat implementasi Inpres No 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja Logistik Nasional, memperbaiki iklim investasi dan meningkatkan daya saing perekonomian nasional.

“Dalam menghadapi pandemi Covid-19, kita harus selalu berinovasi dan berusaha memberikan terobosan-terobosan demi pemilihan ekonomi nasional. Teman-teman juga harus bisa menyeimbangkan peran sebagai revenue collector dan community protector secara seimbang.” pesan Askolani.

Baca Juga :   Implementasi Batam Logistics Ecosystem Semakin Siap, Berikut Progres Dan Capaiannya

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Anton Martin, mengungkapkan bahwa, program ini merupakan hasil sinergi dan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan di wilayah Pelabuhan Tanjung Emas.

Baca Juga :   Lewat Program Customs Visit Customers, Bea Cukai dan Pelaku Usaha Bahas Seluk Beluk Ekspor

“Tujuan utama tak lain tak bukan sebagai inovasi untuk mempercepat proses bisnis di pelabuhan serta bukti nyata kontribusi Bea Cukai Tanjung Emas dalam pemulihan ekonomi nasioal.” Ungkap Anton

Dengan adanya program ini, pengguna jasa tidak perlu berkali-kali membongkar kontainer yang juga akan mempercepat pelayanan yang Bea Cukai lakukan.

“Saya berterimakasih dan menaruh harapan besar kepada teman-teman pemeriksa barang impor apalagi sekarang diberikan kesempatan yang sama antara pemeriksa laki-laki dan perempuan, saya sangat mengapresiasi.” ungkap Askolani kepada seluruh petugas pemeriksa barang impor di Pelabuhan Tanjung Emas.

Baca Juga :   Sinergi Bea Cukai dan Kepolisian Gagalkan Penyelendupan 45,2 Kg Sabu di Perairan Tanjung Balai Karimun

Dalam arahannya Askolani berpesan agar seluruh pegawai Bea Cukai untuk selalu menjaga integritas dengan mengingat sumpah sebagai aparatur sipil negara, “Ingat lagi sumpah kita . Sumpah kita itu kepada Tuhan, bukan kepada atasan.” pesannya. (srv)

MIXADVERT JASAPRO