Tekno  

Facebook, Instagram dan WhatsApp Sempat Down, Diretas?

Ilustrasi

JagatBisnis.com – Aplikasi media sosial dan pengiriman pesan di bawah naungan Facebook Inc., yakni Instagram dan WhatsApp, berbarengan mengalami gangguan pada Sabtu dini hari, 20 Maret 2021. Berdasarkan pantauan Bisnis, kedua platform itu sama-sama tidak bisa diakses selepas tengah malam.

“Couldn’t refresh feed,” tulis pesan yang muncul di tampilan Instagram saat diakses. Adapun gangguan juga terjadi di aplikasi WhatsApp karena tak bisa digunakan untuk mengirim pesan.

Bukan hanya di Indonesia, gangguan tersebut juga terjadi di berbagai negara lain di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat, dalam waktu yang berbarengan. Hal ini terlihat dari laporan yang masuk ke akun @downdetector di Twitter.

Baca Juga :   WhatsApp Kini Sudah Bisa Digunakan

Menanggapi hal ini, pihak Facebook mengaku kalau lumpuhnya layanan sesaat tengah malam tadi tak ada kaitannya sama sekali dengan peretasan ataupun aktivitas dari pihak luar. “Ini karena masalah teknis semata,” kata Facebook, Minggu (21/3/2021).

Instagram juga menyampaikan langsung lewat akun resminya di Twitter adanya gangguan tersebut. Halamannya sempat hanya menampilkan latar putih dengan pesan berbunyi: 5xx Server Error.

Baca Juga :   Tips Antisipasi WhatsApp dari Pembajakan

“Tapi kami telah kembali sekarang. Masalah sudah teratasi dan kami minta maaf atas gangguan itu,” cuit Instagram menanggapi #instagramdown pada pukul 02.08 WIB. Beberapa saat sebelumnya, Pukul 01.57 WIB, Facebook Gaming juga menyampaikan kalau layanan telah pulih kembali.

Masalah yang terjadi pada tengah malam tadi juga terekam di situs DownDetector. Situs itu merekam adanya lebih dari 100 ribu pengguna Instagram, lebih dari 24 ribu pengguna WhatsApp, dan lebih dari 5 ribu di Facebook di dunia yang meneriakkan keluhan secara hampir bersamaan tentang lumpuhnya layanan.

Baca Juga :   Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan dengan Mudah

Meme yang mencibir Facebook pun merebak di Twitter. Seperti diketahui, Facebook down sesaat pada tengah malam tadi bukanlah yang pertama terjadi. Pada Desember lalu, Facebook Messenger dan Instagram mengalaminya. Facebook dan Instagram juga sempat ‘padam’ saat Thanksgiving pada 2019.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO