Kementerian PUPR : 1.816 Unit Rumah Subsidi di Sulut Akan Dapat Bantuan PSU

JagatBisnis.com –  Guna memberikan kenyamanan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Provinsi Sulawesi Utara yang tinggal di perumahan bersubsidi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan terus mendorong meningkatkan kualitas perumahan melalui penyaluran Bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU). Tahun ini Kementerian PUPR mentargetkan penyaluran bantuan PSU untuk 1.816 unit rumah bersubsidi di daerah tersebut.

“Bantuan PSU disalurkan oleh Kementerian PUPR agar masyarakat yang tinggal di Perumahan bersubsidi merasa nyaman,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid di Jakarta beberapa waktu lalu.

Khalawi menerangkan, penyaluran bantuan PSU tersbut dilaksanakn berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 03/PRT/M/2018 tentang Perubahan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Nomor 38/PRT/M/2015 tentang Bantuan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum Untuk Perumahan Umum. Penyaluran bantuan PSU meliputi pembangunan jalan lingkungan, penyediaan jaringan air bersih dan tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) kepada pengembang perumahan yang membangun perumahan bersubsidi untuk MBR.

Baca Juga :   Lagi, Rumah Buruh Tani di Kota Tidore Kepulauan Di Bedah Lewat Program BSPS NAHP

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2) Sulawesi I, H. Hujurat, menerangkan, target pembangunan PSU untuk rumah bersubsidi yang akan disalurkan Kementerian PUPR tahun ini di Provinsi Sulawesi Utara sebanyak 1.816 unit.

Baca Juga :   Fasilitas Rusun Mahasiswa Uniki Setara Hotel Bintang Tiga

“Total anggaran pembangunan PSU di Sulawesi Utara yang akan disalurkan tahun ini senilai Rp 13 Milyar,” terangnya.

Hujurat menambahkan, penyaluran bantuan PSU akan dilaksanakan dan tersebar di empat Kabupaten/Kota di Sulawesi utara yaitu Kota Manado sebanyak 504 unit di tiga lokasi perumahan, Kota Tomohon sebanyak 80 unit, Kabupaten Minahasa 310 unit di tiga lokasi perumahan, dan Kabupaten Minahasa Utara Sebanyak 922 unit di 10 perumahan.

Baca Juga :   Juni, Kementerian PUPR Pastikan Rumah Khusus Relokasi Masyarakat Terdampak Bendungan Kuningan Siap Dihuni

“Kami harap bantuan ini dapat mendorong capaian target Program Sejuta Rumah dan mengurangi backlog perumahan di Indonesia. Dengan adanya bantuan tersebut masyarakat berpenghasilan rendah di Sulawesi Utara bisa mendapatkan rumah layak huni dengan lingkungan yang berkualitas karena tersedianya PSU yang memadai,” harapnya. (srv)

MIXADVERT JASAPRO