Ekbis  

Bea Cukai Jogja Kawal Ekspor Lima Kontainer “Men Shirt” ke Jerman

JagatBisnis.com – Sebagai upaya mendorong persaingan produk lokal di kancah internasional, Bea Cukai Yogyakarta memfasilitasi pelepasan ekspor ratusan ribu produk garmen berupa baju kaos tujuan Jerman oleh PT Anggun Kreasi Garmen.

Komoditi ekspor jenis “men shirt from cotton” tersebut diekspor melalui Pelabuhan Tanjung Emas menggunakan lima unit kontainer berukuran 40 feet yang diawasi dan dikawal oleh petugas Bea Cukai Yogyakarta.

Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Hengky Tomuan Parlindungan Aritonang, mengungkapkan nilai devisa dari dua kali ekspor pada bulan Februari 2021 tersebut mencapai 1.079.869,62 USD atau setara dengan Rp15 miliar.

Baca Juga :   Bea Cukai Ajak Masyarakat Kenali Ciri Rokok Ilegal dan Berantas Peredarannya

“Untuk pelayanan ekspor, Bea Cukai Jogja akan selalu siap sedia melayani dan mengawasi,” tuturnya.

PT Anggun Kreasi Garmen merupakan salah satu perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat, dimana perusahaan mendapatkan berbagai fasilitas perpajakan.

Baca Juga :   Sinergi Membangun Negeri, Bea Cukai Perkuat Kerja Sama Berbagai Instansi

Kawasan Berikat adalah tempat untuk menimbun barang impor maupun barang yang berasal dari tempat lain dalam negeri untuk diolah atau digabungkan yang hasilnya terutama untuk diekspor.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri melalui pemberian fasilitas yang tepat sasaran, salah satunya melalui kawasan berikat,” ujar Hengky.

Fasilitas ini dinilai memungkinkan kinerja ekspor dapat meningkat karena industri yang ada di kawasan ini hanya berorientasi ekspor dengan segala keringanan fiskal agar berdaya saing.

Baca Juga :   Bea Cukai Jakarta Beri Stimulan Ekonomi di Masa Pandemi dengan Fasilitas KITE Pengembalian

“Fasilitas KB ini diberikan untuk untuk meningkatkan investasi dan mendorong ekspor,” tambah Hengky.

Diharapkan dengan dimanfaatkannya fasilitas kawasan berikat dapat semakin menggairahkan dunia usaha, mendorong investasi, peningkatan ekspor, serta terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat yang berdampak dengan peningkatan ekonomi nasional. (srv)

MIXADVERT JASAPRO