Ekbis  

Bangun Intimasi dan Beri Asistensi, Bea Cukai Kunjungi Berbagai Perusahaan

JagatBisnis.com – Menjalankan salah satu tugas dan fungsi sebagai Industrial Assistance, Bea Cukai di berbagai wilayah kembali mengadakan kegiatan Customs Visit Customer (CVC). Kegiatan ini merupakan salah satu program rutin dari Bea Cukai untuk mengasistensi maupun memantau untuk memastikan kepatuhan pengguna jasa terhadap peraturan yang berlaku.

Dalam kurun waktu bulan Februari hingga Maret 2021, kantor Bea Cukai yang tersebar di berbagai daerah telah melaksanakan CVC, diantaranya Bea Cukai di wilayah Jawa Barat, di Kupang, dan Merauke.

Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat mengadakan kegiatan Customs Visit Customer ke PT Selaras Donlim Indonesia (PT SDI) bersamaan dengan peluncuran ekspor perdana alat rumah tangga vacuum cleaner oleh PT SDI ke Amerika Serikat pada Kamis (11/2) lalu. Kunjungan ini membahas diskusi mengenai profil dan rencana bisnis perusahaan serta plant tour melihat proses produksi yang dilakukan oleh PT SDI.

Baca Juga :   Bea Cukai Asistensi Ekspor Perdana di Berbagai Daerah

“Bea Cukai berkomitmen untuk memberikan fasilitas yang bisa memberikan manfaat bagi perusahaan, sehingga hasil produksinya bisa lebih kompetitif di pasar global dan juga sebagai sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi ini,” ujar Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Barat, Saipullah Nasution.

Kemudian, Bea Cukai Bandung, pada Rabu (24/2/2021), turut menyapa pengguna jasa di PT Kwangduk Worldwide, salah satu pengguna jasa Kawasan Berikat di industri garmen yang menerima fasilitas penangguhan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini, membahas terkait kondisi perusahaan dan permasalahan yang dihadapi untuk mencari jalan keluar bersama.

Baca Juga :   Bea Cukai Imbau Masyarakat Hindari Vape Ilegal

Masih di wilayah pengawasan Jawa Barat, Bea Cukai Bekasi, pada Kamis (4/3) mengunjungi PT Indonesia Epson Industry, perusahaan yang bergelut di pembuatan printer. “CVC ini juga untuk menjalin sinergi dengan pengguna jasa sekaligus ajang untuk melihat langsung proses bisnis dari perusahaan tersebut,” ungkap Saipullah.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh Bea Cukai Merauke yang mengunjungi dua perusahaan sekaligus yaitu PT Perikanan Indonesia (Perindo) Cabang Merauke dan PT Mitra Timur Rayatama. Kedua perusahaan ini bergerak di bidang perikanan dengan salah satu produknya adalah pengolahan dan perdagangan ikan segar baik tujuan domestik maupun ekspor.

Kepala Kantor Bea Cukai Merauke, Nazwar mengungkapkan bahwa kedua perusahaan ini sedang dalam proses untuk melakukan ekspor perdana ikan beku melalui Kabupaten Merauke. “Pada kegiatan CVC ini juga kami mengasistensi terkait persyaratan dokumen, tahapan ekspor, dan tata cara registrasi kepabeanan serta tips agar ekspor berjalan lancar,” ujarnya.

Baca Juga :   Bea Cukai Musnahkan Barang Sitaan Senilai Rp8,3 Miliar

Nazwar menambahkan, tujuan dari adanya kegiatan CVC ini agar kedua perusahaan dapat selalu berkonsultasi dan berkomunikasi dengan Bea Cukai Merauke dalam memenuhi proses administrasi dan kendala teknis, supaya kegiatan ekspor perdana nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Adapun dari wilayah Nusa Tenggara Timur, Bea Cukai Kupang juga melakukan kegiatan CVC dengan mengunjungi empat perusahaan sekaligus yang melakukan produksi minuman beralkohol, diantaranya Industri Nusa Lontar, Perdana Karya Makmur, Cahaya Bintang Laut, dan Nam Sophia Indonesia.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun intimasi kepada pengguna jasa/stakeholder agar dapat memastikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Bea Cukai telah dilakukan dengan prima. (srv)

MIXADVERT JASAPRO