Perpanjang SIM Bisa dari Rumah

Ilustrasi

JagatBisnis.com – Kini perpanjang SIM tak perlu lagi datang ke Kantor Samsat. Tapi bisa dari rumah. Pemohon cukup mengklik aplikasi Korlantas Polri dan mengisi data yang dibutuhkan. Jika SIM sudah siap, maka akan diantar ke rumah.

Kebijakan ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus perpanjangan SIM. Selain, waktu tidak terbuang, biaya juga bisa dihemat. Apalagi, Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri), akan menjalankan empat program unggulan. Hal itu dalam mendukung Program Presisi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatkan, keempat program unggulan tersebut akan memanfaatkan teknologi informasi (TI). Diawali dengan pelayanan publik di bidang penegakan hukum, atau electronic traffic law enforcement ( ETLE).

Baca Juga :   Jadwal SIM Keliling DKI, Bekasi, Bogor, Bandung 6 Januari 2021

“Ke depan penindakan hukum semua dengan menggunakan mesin,” ujarnya.
Untuk ETLE kemungkinan berkembang terus hingga akhir tahun, program ini akan terus dijalankan,” kata Istiono dalam Rakernis Fungsi Lalu Lintas T.A 2021 dilansir NTMC, Sabtu (13/3/2021).

Baca Juga :   Jadwal SIM Keliling DKI, Bekasi, Bogor, Bandung 22 Desember 2020

Selain ETLE, program 100 hari berikutnya adalah terkait perpanjang Surat Izin Mengemudi ( SIM), baik A (mobil) dan C (motor).

Menurut Istiono, nantinya masyarakat tak perlu datang ke Samsat untuk melakukan perpanjangan SIM. Cukup mengakses dengan aplikasi dari rumah, dan SIM yang sudah diperpanjang masa waktunya akan diantar.

Begitu juga untuk program ujian tulis semua SIM baru yang prosesnya dijalankan secara daring. “Rencananya ini kita akan launching pada April. Kita akan terus bekerja keras untuk mewujudkan ini secara cepat,” ucap Istiono.

Baca Juga :   Jadwal SIM Keliling DKI, Depok, Bandung 2 Januari 2021

Sedangkan program unggulan keempat yang akan diluncurkan pada akhir April 2021 nanti adalah Samsat Digital Nasional. Menurut Istiono, diharapkan sebelum Lebaran semua program-program tersebut sudah bisa diselesaikan.

“Mudah-mudahan di program 100 hari ke depan bisa tercapai 100 persen, dan masyarakat bisa menikmati pelayanan Polri yang lebih baik ke depan,” kata Istiono.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO