Ekbis  

Bukalapak Perkuat Layanan Distribusi dan Kesediaan Stok Mitra

JagatBisnis.Com – Bukalapak melalui Buka Mitra Indonesia yang menaungi Mitra Bukalapak, bekerjasama dengan sejumlah perusahaan FMCG terkemuka Indonesia, di antaranya Unilever, Danone, Coca-Cola Amatil, Heinz ABC Indonesia, Garuda Food, Suntory Garuda, dan UltraJaya. Kerjasama ini akan berfokus pada layanan distribusi dan kesediaan stok untuk para mitra bukalapak.

CEO Buka Mitra Indonesia, Howard Gani menyampaikan, terimakasihnya dan mengapresiasi kepercayaa  yang diberikan oleh rekan-rekan dari perusahaan FMCG pada Buka Mitra Indonesia. Hal ini merupakan dukungan terhadap upaya Bukalapak untuk mendorong kemajuan digitalisi warung-warung tradisional yang berdampak pada inklusi ekonomi Indonesia.

“Kami optimis kerjasama ini bias makin meningkatkan layanan kami pada Mitra Bukalapak, yang juga akan memperkuat kualitas layanan para Mitra Bukalapak kepada para pelanggan mereka,” ujarnya melalui ketrangannya, Sabtu (7/3/2021).

Hira Triadi, E-commerce Director PT Unilever Indonesia mengaku sejalan dengan Bukalapak dalam hal pemberdayaan UMKM di nusantara.

“Unilever sebagai perusahaan yang ada di Indonesia selama 87 tahun ingin turut berkontribusi secara nyata untuk bias meningkatkan kapabilitas warung agar mampu beradaptasi dengan era digital saat ini. Terlebih bahwa warung yang merupakan bagian dari UMKM memiliki peranan penting bagi kemajuan perekonomian Indonesia. Untuk itu, berbagai upaya telah dilakukan Unilever, salah satunya adalah melalui kemitraan dengan Bukalapak melalui platform Mitra Bukalapak,” ucapnya.

Keinginan yang seirama untuk memberdayakan dan mendukung kemajuan pelaku UMKM juga diekspresikan oleh NartoSunarno, Head of Digital Business Development Garuda Food yang berharap kemitraan ini bisa memberi akses lebih banyak lagi kepada UKM warung agar bias lebih sejajar dan berdaya saing terhadap rekan-rekan mereka yang mempunyai format toko lebih besar.

Di sepanjang tahun 2020, Mitra Bukalapak juga melakukan penyediaan produk grosir ke 28 provinsi di Indonesia melalui kerjasama dengan lebih dari 300 distributor lokal, yang jumlahnya telah meningkat sebanyak lebih dari 15 kali lipat sejak awal tahun 2020. Bukalapak juga mencatat kenaikan 50% terhadap jumlah Mitra Bukalapak selama tahun 2020. Saa tini Mitra Bukalapak telah tersebar di lebih dari 500 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Hal inilah yang juga menjadi pertimbangan para perusahaan FMCG dalam berkolaborasi dengan Buka Mitra Indonesia. “Seiring dengan pertumbuhan bisnis online dan akses digital di Indonesia, bekerjasama dengan Mitra Bukalapak akan membantu memperluas dan mengembangkan penetrasi produk-produk Suntory Garuda untuk para pelaku usaha kecil serta para konsumen dari berbagai lapisan di seluruh area di Indonesia”, ucap Ong Yuh Hwang, Chief Executive Officer and President Director PT. Suntory Garuda Beverage.

Pernyataanini juga didukung oleh Dewi Larasati, E-Business Director Danone Waters Indonesia yang melihat kerjasama dengan Buka Mitra Indonesia adalah strategi yang tepat untuk mengatasi tantangan dari proses distribusi barang secarakon vensional.

“Tantangan kami yang terbesar adalah kecepatan distribusi dan jangkauan pasar, terutama untuk varia nproduk kami lainnya, seperti Vit dan Mizone. Dengan adanya kemitraan dengan Mitra Bukalapak, produk-produk kami tersebut terlihat terjadi pertumbuhan yang positif. Hal ini menunjukan peran kemitraan dengan Mitra Bukalapak merupakan langkah yang tepat untuk menjangkau lebih banyak konsumen di Indonesia,” ujarnya.

Sementar aitu, Ultra Jaya dan Coca-Cola Amatil menggandeng Buka Mitra Indonesia sebagai upaya untuk menjaga ketersediaan produk bagi seluruh masyarakat.

“Semua orang Indonesia berhak untuk dengan mudah mendapatkan produk-produk yang berkualitas baik seperti produk-produk dari Ultrajaya, kapan pun dan di manapun. Oleh karena itu, tujuan kami bermitra dengan Mitra Bukalapak adalah untuk mengoptimalkan semua peluang untuk mendistribusikan produk-produk Ultra Jaya agar tersedia di mana pun dan kapan pun,” ungkap Au Djamhoer, GM Sales & Distribution Ultra Jaya.

“Salah satu perubahan yang terjadi karena adanya pandemi COVID-19 adalah perubahan perilaku pada aktivitas belanja, pembelanjaan secara online dan penggunaan aplikasi berbasis digital meningkat signifikan. Perubahan ini memaksa industry harus beradaptasi cepat untuk tetap dapat berinteraksi dan melayani konsumen mereka, termasuk Coca-Cola Amatil Indonesia. Seiring dengan peralihan pola belanja konsumen tersebut, kami pun harus memastikan produk-produk Coca-Cola Amatil Indonesia tersedia di platform marketplace di Indonesia, seperti Mitra Bukalapak. Kami berharap melalui kemitraan yang baru dengan Bukalapak, akan memperluas dan memperkuat jaringan home consumption dan B2B Coca-Cola Amatil Indonesia,” jelas Kadir Gunduz, PresidenDirektur Coca-Cola Amatil Indonesia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Reynold Pandapotan Hutabara, Sales Director PT Heinz ABC Indonesia yang menempuh langkah kerjasama dengan Buka Mitra Indonesia agar produk-produknya dapat menjangkau distribusi sampai ke level end user maupun small retailers untuk membawa produk-produk berkualitas Kraft Heinz ABC ke semua rumah tangga di Indonesia.(hab)

MIXADVERT JASAPRO