Tekno  

Google Tiru Apple Hadirkan Fitur Anti Pelacak Data di Android

JagatBisnis.com – Kini Google sedang mengembangkan fitur anti pelacak data yang memungkinkan para pengguna bisa membatasi data yang digunakan pada aplikasi. Fitur pelacak data Google ini akan disebut Privacy Sandbox. Fitur ini dibuat seperti Apple yang sudah menerapkan fitur App Tracking Transparency untuk para pengembanh aplikasi.

Baca Juga :   Google Sumbang Rp427 Miliar untuk Perangi Hoaks

Juru Bicara Google mengatakan, misi proyek Privacy Sandbox adalah untuk menciptakan ekosistem web yang menghormati pengguna dan pribadi secara default. Oleh sebab itu, perusahaan terus bekerja sama dengan pengembang aplikasi, untuk menghasilkan ekosistem aplikasi yang didukung iklan secara sehat.

“Wacana ini muncul setelah para pelaku industri memerlukan adanya pemeriksaan pada data pengguna yang dikumpulkan oleh aplikasi. Desakan ini terjadi sesudah Apple mengumumkan App Tracking Transparency pada awal tahun ini,” katanya, Kamis (18/02/2021).

Baca Juga :   Google Meet Gratis Dibatasi 1 Jam, Mulai 1 April 2021

Meski begitu, lanjutnya, Anti Pelacak Data versi Google mungkin tidak sekeras Apple.
Perusahaan kini masih berdiskusi dengan beberapa pihak untuk menerapkan fitur tersebut. Karena, Apple telah mulai menerapkan App Tracking Transparency lewat pembaruan iOS 14.5 beta terbaru. (esa/*)

MIXADVERT JASAPRO