Berita  

Indonesia Akan Pimpin Program Vaksin COVAX

Ilustrasi-Vaksin Covid-19. Foto: ANTARA/REUTERS.
Ilustrasi-Vaksin Covid-19. Foto: ANTARA/REUTERS.

jagatbisnis.com – Organisasi Kesehatan Dunia( World Health Organization) bersama Federasi Vaksin( GAVI) tengah meningkatkan program vaksin Covid- 19, COVAX AMC Engagement Group.

Dalam meningkatkan vaksin COVAX, World Health Organization percayakan Indonesia yang diwakili Menteri Luar Negara Retno Marsudi jadi salah satu ketua bersama( co- chair).

Tidak cuma Retno, Menteri Kesehatan Ethiopia Lia Tadesse, dan Menteri Pembangunan Global Kanada, Karina Gould pula tersaring untuk program vaksin Covid- 19, COVAX AMC.

“ Ini ialah tanggung jawab besar Indonesia untuk menciptakan kesetaraan akses vaksin untuk seluruh negara lewat rute multilateral. Tanggung jawab besar ini kita usahakan untuk ditunaikan sebaik bisa jadi,” cakap Retno dalam keterangannya, Rabu( 13 atau 1 atau 2021).

Logistik dan penyaluran vaksin COVAX ini esoknya ditujukan untuk 92 negara berpendapatan kecil dan menengah.

Sarana COVAX sendiri mempunyai sasaran logistik vaksin untuk 20 persen dari populasi tiap negara AMC, dan mensupport kesiapan negara AMC untuk melaksanakan konsep vaksinasi nasional.

“ Pastinya logistik akan dicoba dengan cara berangsur- angsur sebab sedang terbatasnya vaksin yang ada untuk seluruh negara,” jelasnya.

Sehabis diyakini mengetuai Covid- 19, COVAX AMC, Menlu RI lewat PTRI Jenewa akan lekas melaksanakan komunikasi intensif dengan GAVI, yang berpangkalan di Swiss.( ant)

MIXADVERT JASAPRO