Menkes: Efek Vaksin, Pegal hingga Demam

jagatBisnis.com — Rencananya vaksinasi Covid-19 di Indonesia dilaksanakan pada Rabu (13/01/2021) mendatang. Vaksinasi Covid-19 akan berlangsung dalam 4 tahapan. Kelompok prioritas penerima vaksin adalah warga yang berusia di atas 18 tahun dan harus berdomisili di Indonesia. Vaksin kemungkinan bakal memberikan efek samping mulai dari pegal hingga demam.

“Efek samping tersebut perlu menjadi perhatian kepala daerah. Oleh sebab itu, saya meminta tenaga kesehatan tidak disuntik vaksin dalam satu waktu,” kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Vaksinasi Covid-19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan Tahun 2021 di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (05/01/2021).

Dia menjelaskan, berdasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo, vaksinasi untuk tenaga kesehatan di setiap fasilitas kesehatan dibagi dalam dua tahap. Hal ini guna memberi kesempatan istirahat bagi tenaga kesehatan yang mengalami efek samping vaksin Covid-19.

“Jadi dalam satu Puskesmas, misalnya ada 4 perawat, jangan sampai di hari yang sama mereka semua di vaksin,” tegasnya.

Menurutnya, Presiden Jokowi dan para menteri  Kabinet Indonesia Maju jadi golongan pertama yang akan disuntik vaksin Covid-19, pada Rabu (13/01/2021). Selanjutnya, pada Kamis (14/01/2021), vaksinasi massal dimulai di seluruh daerah. Kepala daerah, tokoh masyarakat dan tenaga kesehatan akan jadi prioritas dalam vaksinasi.

“Pada saat penyuntikan tenaga kesehatan, tolong kepala daerah, bapak/ibu gubernur, turun untuk membangkitkan confidence ke masyarakat. Apalagi, kalau ada tokoh kesehatan atau figur dokter yang berpengaruh bisa untuk diikutsertakan,” tutup Budi. (esa/*)

Baca Juga :   Beginilah Cara Kerja Vaksin Membentuk Kekebalan Tubuh
MIXADVERT JASAPRO