Wisata  

Liburan Naik Kereta Api? Perhatikan Hal Ini

jagatBisnis.com – Kereta api masih menjadi moda pilihan masyarakat untuk bepergian. Moda transportasi ini sudah menjangkau berbagai wilayah Indonesia sehingga dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.

Bukan hanya itu, kereta api mampu memberikan jam keberangkatan yang jelas dan tepat. Maka penumpang bisa sampai tujuan dengan tepat waktu dan terhindar dari keterlambatan.

Setiap rangkaian kereta api dibagi menjadi dua hingga tiga kelas di dalamnya, yaitu kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi. Beberapa tahun terakhir muncul kelas baru yaitu Kelas Premium dan dua kelas lainnya.

Kini, berbagai cara juga bisa dilakukan untuk mempermudah calon penumpang mendapatkan tiket. Salah satunya melalui daring. Bahkan berbagai market place kini mulai menawarkan berbagai promo, potongan harga hingga cash back.

Berikut cara memesan tiket kereta api online melalui market place dan aplikasi KAI. Pertama, memilih rute tujuan, tanggal keberangkatan dan kepulangan, serta jumlah penumpang yang diinginkan. Berikutnya, pilih jadwal kereta yang diinginkan. Lalu klik Pilih Pergi.

Selanjutnya isi data pemesanan yang berupa nama, nomor identitas (KTP/SIM), surel, alamat, dan nomor telepon yang aktif. Lalu klik menu Tambahkan ke Daftar Penumpang yang terletak di bawah kotak data pemesanan. Centang opsi jika tiket yang dipesan termasuk untuk diri sendiri.

Kemudian isi kolom Data Penumpang sesuai dengan jumlah tiket kereta api yang akan dipesan. Jangan lupa isi data penumpang dengan lengkap mulai dari nama, nomor identitas, hingga nomor telepon.

Baca Juga :   Banyak Kecelakaan, KAI Daop 9 Jember Tutup 24 Perlintasan Liar

Sebelum lanjut pada proses pemilihan pembayaran, posisi kursi masih bisa disesuaikan dengan keinginan. Setelah itu, lanjut untuk memilih opsi pembayaran. Banyak pilihan yang tersenur mulai dari kartu kredit, ATM, Mobile Banking sampai gerai retail.

Baca Juga :   Dibandrol Mulai Rp49 Ribu, KA Airlangga, Jakarta-Surabaya Beroperasi

Jika sudah memilih salah satu metode pembayaran, maka akan mendapatkan Kode Pembayaran yang nantinya digunakan saat melakukan transaksi. Setelah pembayaran sukses, akan ada email dari Rail Ticket KAI berisi bukti pembayaran dan kode serta barcode tiket.

Barcode atau kode ini nantinya yang akan dicetak sebagai boarding pass di check in counter stasiun. Cara mencetak tiket kereta api secara mandiri tidak sulit, hanya perlu ke tempat check in counter yang ada di stasiun.

“Setelah menuju check in counter, penumpang akan mendapat arahan melalui mesin pencetak untuk melakukan proses berikutnya,” kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa melalui keterangan tertulisnya.

Bagi yang baru akan melakukan proses cetak boarding pass pada hari keberangkatan maka proses cetak hanya dapat dilakukan di stasiun keberangkatan. Namun bisa juga di stasiun antara sesuai relasi tiket.

Baca Juga :   Bereskan 150 Titik Perlintasan Sebidang KA di Jalan Nasional Butuh Biaya Rp22,5 Triliun

Jika sudah punya tiket, maka tinggal mencari mesin check in di stasiun. Ketika sudah menyelesaikan proses pembelian tiket, langkah selanjutnya adalah mencetaknya. Kamu bisa bawa struk berisi kode booking atau bukti transaksi pembelian tiket.

Kemudian, lakukan check in dengan cara mengetikkan kode booking yang tertera pada bukti pembelian tiket di mesin. Mesin akan mengeluarkan boarding passmu yang mencetak nama dan ID penumpang, kode booking, nama KA, stasiun tujuan, dan jadwal keberangkatan.

Terakhir, scan bukti pembelian tiket. Mencetak boarding pass kereta api tidak harus dengan mengetikkan kode booking di monitor. Kamu bisa membuat scan bukti pembelian tiket dan boarding passmu akan keluar dari mesin pencetak.

Cara ini lebih cepat dan tidak membutuhkan waktu lama dibanding kamu mengetikkan kode booking. (ser)

MIXADVERT JASAPRO