Tekno  

YouTube dan Sejumlah Layanan Google Sempat ‘Down’

jagatBisnis.com – Laman berbagi video dari Google, YouTube, mengalami ‘down’ pada Senin petang (14/12/2020) sekitar pukul 18.25 WIB.

Tak hanya itu, sejumlah layanan Google meliputi mesin pencari Google, Google Meet, Google Hangouts, Google Play, dan Gmail juga sempat tidak bisa diakses.

Menurut laman Downdetector, sebesar 51 persen laporan terkait YouTube yang masuk adalah keluhan mengenai tidak bisa mengakses website (51 persen), diikuti tidak bisa memuat video (45 persen), sedangkan sisanya tidak bisa log-in.

Baca Juga :   Nasib Facebook, Twitter dan YouTube Lagi Terancam

Dalam peta pada laman Downdetector, terlihat beberapa titik gangguan YouTube meliputi Singapura, Thailand, Inggris, Jerman, Polandia, Prancis, Australia dan AS.

Sedangkan gangguan pada layanan Gmail dimulai pada pukul 18.34 WIB, adapun gangguan pada layanan mesin pencarian Google sudah dimulai sejak pukul 18.23 WIB, menurut Downdetector.

Tagar #YouTubeDOWN pun menjadi trending topic pada jejaring sosial Twitter.

Tak lama kemudian, tim YouTube pun memberikan penjelasannya via Twitter.

Baca Juga :   YouTube Ungkap Trending Videos di Indonesia 2020

“Kami menyadari bahwa banyak dari Anda yang mengalami masalah saat mengakses YouTube — tim kami telah menyadarinya dan menyelidikinya,” cuit @TeamYouTube.

Baca Juga :   YouTube Indonesia Hadirkan Fitur Cek Fakta

Mereka pun berjanji akan segera memberi kabar setelah mendapatkan informasi lebih lanjut.

Pada Senin malam, sekitar pukul 19.40 WIB, laman YouTube telah dapat diakses baik di mobile maupun di web browser. Demikian pula dengan layanan Gmail yang telah kembali normal.(ser)

MIXADVERT JASAPRO