Foto Bos JNE Bersama Habib Rizieq, Cek Faktanya

jagatBisnis.com – Beredar postingan foto di Twitter menunjukkan foto Rizieq Shihab bersalaman dengan seseorang yang diklaim sebagai Bos JNE. Beberapa postingan dengan klaim yang sama juga beredar di antaranya, https://archive.vn/w0upR, https://archive.vn/wo2g9, https://archive.vn/ybDeb. Klaim foto yang diduga Bos JNE bersama HRS beredar bersamaan dengan tagar #BoikotJNE serta ramainya media sosial atas peristiwa JNE dan FPI yang terjadi baru-baru ini.

Berikut narasinya:

“Wajah Bos JNE kok sebangsa dgn rizieq dan wa abud ya? Myaman juga kayaknya ???? Pantesan kadrun???? #BoikotJNE pic.twitter.com/Xfx0I8vN8C”

Hasil Cek Fakta

Setelah dilakukan penelusuran gambar untuk mengetahui fakta, dilansir cekfakta.com, diketahui bahwa seorang yang diklaim sebagai Bos JNE sebenarnya adalah Hanny Kristianto.

Dilansir dari website fpi-online(dot)com, Hanny Kristianto saat itu sedang mengunjungi kediaman HRS di Mekkah pada tahun 2018. Di samping foto dirinya bersama HRS juga terdapat foto HRS bersama Kyai Zarkasyi dari Gontor.

“Pagi ini Allah izinkan saya bersama gurunda Kyai Zarkasyi dari Gontor bersilaturahim dengan Habib Rizieq Shihab di kediaman beliau di Mekah. Kami juga menyampaikan salam dari Dr Zakir Naik dan K. H. Muhammad Arifin Ilham untuk habib dan keluarga besar FPI di Mekah,” ungkap Hanny.

Baca Juga :   Kepergok Mesum, Oknum PNS di Banda Aceh Diamankan Petugas

Hanny Kristianto merupakan Sekjen Mualaf Center Indonesia (MCI) sekaligus founder lembaga amal IKHLASS Foundation. Dalam beberapa kali kesempatan memang Hanny Kristianto bersama lembaganya bekerja sama dengan jasa pengiriman JNE untuk pendistribusian santunan.

Dalam postingan di akun resmi JNE (@jne_id) tertanggal 20 April 2020, JNE memberikan gratis ongkir kepada IKHLASS Foundation dan Mualaf Center Indonesia dalam rangka pendistribusian nasi kotak dan APD untuk seluruh rumah sakit di Indonesia.

Baca Juga :   Kompol Yuni Dewi, Kapolsek yang Pesta Sabu Bareng 11 Anggota

Selain itu, JNE juga memberikan gratis ongkir untuk pengiriman obat herbal yang diprakarsai Hanny Kristianto, THIBBUN NABAWI. Postingan dapat dilihat di akun instagram Hanny Kristianto (https://www.instagram.com/p/CITXqRBAFbg/).

Hasil penelusuran untuk mengetahui petinggi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE, tidak ditemukan seorang yang bernama Hanny Kristianto. Dalam website resmi JNE, diketahui bahwa Presiden Direktur JNE bernama Mohamad Feriadi serta Chandra Fireta dan Edi Santoso sebagai direktur.

Adapun Founder JNE yang sudah diketahui bersama adalah Johari Zein. Mulai merintis jasa pengiriman pada tahun 1986 bernama WorldPak, namun beberapa tahun kemudian perusahaan rintisannya kandas karena menjual seluruh sahamnya pada perusahaan kurir Pronto asal Singapura. Pasca itu Johari tetap berkerja di bidang pendistribusian barang dan kemudian bertemu dengan perusahaan TIKI yang kala itu pemiliknya Soeprapto Suparno.

Baca Juga :   Mantan Menteri Luar Negeri AS Langgar Aturan Etika

Ia pun dipercaya untuk melakukan presentasi bisnis di hadapan beberapa pejabat TIKI. Melihat performa Johari Zein yang bagus Soeprapto Suparno mempercayakannya untuk mendirikan sendiri perusahaan yang saat ini bernama PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE).

Kesimpulan

Dari berbagai data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa seorang yang diklaim sebagai Bos JNE adalah Hanny Kristianto, ia merupakan Sekjen Mualaf Center Indonesia (MCI) sekaligus founder lembaga amal IKHLASS Foundation, bukan Bos JNE. JNE bekerja sama dengan kedua lembaga Hanny untuk memberikan gratis ongkir obat dan perlengkapan kesehatan dalam rangka penyintasan corona.

Sehingga klaim bahwa Bos JNE bersalaman dengan HRS sebagaimana pada gambar adalah HOAX dan termasuk kategori KONTEN MENYESATKAN.(ser)

MIXADVERT JASAPRO