Trakindo Dampingi Guru Berbagi Inspirasi Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Kreatif Sekolah di Masa Pandemi

jagatBisnis.com – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi model pendidikan yang dilakukan saat ini dalam menjalani masa Adaptasi Kebiasan Baru (AKB), dalam pelaksanaannya, guru perlu berkreasi dalam menghadirkan pengalaman belajar yang sesuai kemampuan dan kebutuhan murid. PT Trakindo Utama (Trakindo), kembali menghadirkan kegiatan Praktik Pembelajaran Guru Terbaik (PPGT) 2020, sebuah ajang tahunan yang digelar untuk berbagi, belajar bersama dan mengapresiasi praktik-praktik terbaik pembelajaran kreatif dan penciptaan produk inovatif para guru dari 40 Sekolah Dasar Negeri (SDN) binaan Trakindo.

Rachmat Sobari Hamami, Direktur Utama PT Trakindo Utama mengatakan, “Sejak didirikan pada tahun 1970, misi pendiri kami adalah menciptakan lapangan kerja yang layak dan berkualitas bagi sebanyak-banyaknya rakyat Indonesia. Berangkat dari misi mulia ini, kami berkomitmen untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas melalui dukungan kami terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Program-program pendidikan yang kami lakukan, seperti acara PPGT hari ini, merupakan upaya kami untuk memberikan ‘kail’ bagi para tenaga pengajar dalam mengembangkan karakter anak didiknya di sekolah. Trakindo percaya penerapan pendidikan berbasis karakter yang dimulai sejak dini akan menjadi fondasi yang kuat bagi generasi penerus di masa depan. Jika karakter yang mereka miliki sejak Sekolah Dasar sudah baik, maka sampai kapan pun akan terus terjaga. Semoga apa yang kami lakukan dapat menjadi pendorong bagi sekolah untuk bertumbuh lebih baik lagi, memberikan hasil yang positif bagi khalayak luas, berkontribusi membangun bangsa, untuk kemajuan negeri.”

Menyambut peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November, Trakindo menggelar PPGT 2020 dengan mengangkat tema “Wujudkan Sekolah Berkarakter, Bersih dan Sehat untuk Generasi Berkualitas”. PPGT merupakan agenda puncak dari rangkaian program Bangun Karakter Bangsa Trakindo yang dilaksanakan sejak 2016 dan program WinS (Water, Sanitation and Hygiene in Schools) yang dilaksanakan untuk mendukung penguatan pendidikan karakter dan penyehatan lingkungan sekolah.

Baca Juga :   Trakindo Raih Sertifikat Akreditasi ISO 45001:2018

Dr. Iwan Syahril Ph.D., Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerangkan, “Kontribusi yang diberikan Trakindo selama ini, telah berjalan selaras dengan cita-cita pemerintah dalam penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar, terutama dalam pengembangan nilai-nilai kepemimpinan guru melalui program guru penggerak. Kondisi AKB menjadi tantangan baru bagi para guru untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dalam suasana yang menyenangkan walau sedang menjalani pembelajaran jarak jauh yang berbasis Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK). Melalui program seperti PPGT ini, para guru mendapatkan wawasan baru dalam membuat praktik pembelajaran yang kreatif. Semoga program seperti ini dapat terus dilaksanakan guna memberikan manfaat positif bagi pendidikan di Indonesia.”

Baca Juga :   Trakindo Luncurkan Komitmen Cepat & Pasti, Juga Dozer dan Minihex Terbaru

Acara penutupan PPGT dihadiri oleh lebih dari 300 peserta daring yang terdiri dari perwakilan 40 SDN binaan Trakindo, sekolah imbas, praktisi pendidikan, serta diikuti juga oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kementerian Kesehatan RI, juga Kementerian Agama RI. Pada pelaksanaan tahun ini, seluruh kegiatan PPGT yang diselenggarakan oleh Trakindo dilakukan secara virtual, mulai dari kompetisi, penilaian, penjurian, sesi sharing dan horizontal learning, hingga pengumuman pemenang.

SDN 001 Teluk Bayur, Berau, Tj. Redeb, Kalimantan Timur berhasil meraih gelar juara dalam 2 kategori di PPGT tahun 2020, yakni kategori Inovasi Penerapan Belajar dari Rumah Program Bangun Karakter Bangsa dengan mengusung tema ‘Badan Bugar Covid Bubar’ dan kategori Inovasi Alat Peraga Murah dari Program Bangun Karakter Bangsa dengan mengusung tema ‘GEMA (Games Motorik & Akademik)’.

Baca Juga :   Trakindo Raih Sertifikat Akreditasi ISO 45001:2018

“Kami sangat senang karena berhasil memenangkan 2 kategori pada kompetisi PPGT 2020 ini sekaligus mengharumkan nama SDN 001 Teluk Bayur. Terima kasih pada rekan-rekan guru, para murid dan orang tua, yang telah mendukung kami, serta Trakindo yang telah menyelenggarakan kompetisi PPGT ini sehingga kami dapat mengasah kemampuan dan kreativitas yang kami miliki,” ujar Ibu Sunarmi, perwakilan guru dari SDN 001 Teluk Bayur, Berau, Tj. Redeb, Kalimantan Timur.

Penyelenggaraan PPGT juga menjadi bagian dari langkah Trakindo dalam berpartisipasi menyukseskan tujuan strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2020-2024 dalam hal pengembangan potensi peserta didik yang berkarakter, salah satunya melalui program yang dapat meningkatkan kreativitas para guru serta tenaga pendidik untuk menciptakan peserta didik yang berkarakter dan berkualitas.(saf)

MIXADVERT JASAPRO