Bea Cukai Gandeng Instansi Pemerintah Untuk Tingkatkan Ekspor

jagatBisnis.com – Untuk mendorong program pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai terus meningkatkan ekspor dari berbagai daerah di Indonesia. Kali ini, dengan menggandeng instansi pemerintah lainnya di Maumere dan Sumatera Bagian Barat, Bea Cukai mencanangkan ekspor produk pertanian daerah tersebut.

Pada Senin (09/11) , Bea Cukai Maumere mengikuti kegiatan rapat pembahasan rencana tindak lanjut investasi dan akselerasi ekspor komoditi pertanian Kabupaten Ende. Rapat yang dipimpin langsung oleh Bupati Ende, Djafar H Achmad ini, dihadiri oleh perwakilan Stasiun Karantina Pertanian Ende, Otoritas Pelabuhan, PT. Pelindo, dan dinas terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ende.

Djafar menyatakan, “Pemerintah Kabupaten Ende harus bergerak untuk menumbuhkan kegiatan ekspor, karena telah didukung oleh Bea Cukai. Seperti kita telah bekerjasama dengan berbagai pihak terkait lainnya, dan sudah berencana mendatangkan buyer dari luar negeri pada penghujung tahun 2020 untuk membahas investasi dan potensi-potensi ekspor Ende.”

Baca Juga :   Sasar Seluruh Kalangan, Bea Cukai Tekankan Ketentuan Cukai ke ASN hingga Pelajar Jakarta, 15-07-2022 –

Kepala Kantor Bea Cukai Maumere, Tommy Hutomo, menyampaikan bahwa Bea Cukai selalu siap dalam mendukung kegiatan ekspor di Ende. “Kami siap memberikan pendampingan kepada pihak-pihak yang ingin belajar atau melakukan ekspor” ujar Tommy.

Baca Juga :   Di Dua Kota, Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Narkotika

Pada kesempatan ini pula, Kanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Barat bersama dengan Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, bersinergi untuk tingkatkan ekspor dan menggali potensi eksportir baru di daerahnya.

Dalam kunjungan ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Kepala Seksi Perizinan dan Fasilitas II, Dwi Harmawanto menjelaskan, “Bea Cukai Sumbagbar kedepannya akan terus bekerja sama dengan Bank Indonesia untuk melakukan peningkatan ekspor, antara lain dengan menyelenggarakan capacity building pelaku UMKM, asistensi tata cara ekspor, dan pemberian fasilitas ekspor.”

Baca Juga :   Bea Cukai Lakukan Kunjungan Lapangan Demi Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional

“Selama ini Bank Indonesia sudah melakukan asistensi kepada UMKM di Provinsi Lampung seperti kopi, tapis, dan pemberdayaan perempuan. Semoga dengan adanya kerja sama dengan Bea Cukai Sumbagbar ini, akan semakin efektif meningkatkan perekonomian daerah, dan dapat berimbas pada perekonomian secara nasional,” ujar Budi Harmawanto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bandar Lampung.

Harapan selanjutnya dengan meningkatnya kegiatan ekspor di daerah akan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah, serta mendorong pemulihan ekenomi nasional.(srv)

MIXADVERT JASAPRO