Bersama DD Waspada, Wabup Langkat Rencanakan Bangun Sentra Ternak Terpadu

JagatBisnis.com– Wakil Bupati Kabupaten Langkat, Syah Afandin, rencanakan untuk membangun sentra ternak kambing terpadu di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara Senin (16/11/2020). Bersama Dompet Dhuafa Waspada, program ini direncanakan terealisasi pada akhir tahun 2020.

Afandin, mengaku bahwa program sentra ternak ini merupakan suatu program yang sangat positif untuk membantu masyarakat setempat.

“Kita merasa ini merupakan satu program yang sangat positif untuk dapat membantu masyarakat setempat yang membutuhkan dan pastinya yang mau bekerja ya,” ujar Afandi.

Berharap kedepannya program ini bisa dapat berkembang di berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat.

Baca Juga :   LKC DD Gulirkan ‘Traktir Makan Saudaramu’ di 11 Provinsi Indonesia

“Untuk saat ini perdana kita lakukan di satu titik dahulu, kedepannya kita berharap bisa berkembang di 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat,” ucap Afandi.

Terkait rancangan program ini, Sulaiman, selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada juga turut menjelaskan bahwa program sentra ternak ini sebagai pilot project yang nantinya menjadi percontohan bagi masyarakat.

“Program pembangunan sentra ternak kambing terpadu ini memang kita rancang sebagai pilot projek guna dijadikan contoh kedepannya bagi masyarakat luas,” ucap Sulaiman.

Baca Juga :   TAHUN INI LEBIH DARI 29 RIBU HEWAN KURBAN TERDISTRIBUSI

Sulaiman pun turut menerangkan bahwa konsep yang dianut untuk program ini yakni dengan menerapkan konsep sosial bisnis. “Dikatakan bahwa program ini menganut konsep sosial bisnis karena dimana para mustahik nantinya akan dipekerjakan dan digaji selama dua tahun di sentra ternak ini”.

Setelah dalam dua tahun mustahik dipekerjakan kemudian akan diberikan modal kambing untuk dikelola secara mandiri. “Nah, jadi setelah dua tahun mereka bekerja dan terlibat langsung di sentra ternak, nantinya mereka akan diberikan kambing sebanyak 25-30 ekor yang akan dikelola mandiri di rumah,” papar Sulaiman.

Baca Juga :   DMC DD Bantu Sisir Sejumlah Barang Warga yang Tertimbun Puing-puing Rumah hingga Distribusikan Logistik

Terima kasih kepada Pembkab Langkat yang turut mendukung program ini. “Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Langkat yaitu bapak wakil bupati yang sudah membantu agar nantinya program ini dapat terlaksana segera di kabupaten Langkat,” ucap Sulaiman.

Dengan adanya program ini, Sulaiman berharap nantinya akan melahirkan para pebisnis ternak dari mustahik. “Sebagaimana konsep yang sudah kita gagas dalam program ini, kita berharap semoga lahir pebisnis-pebisnis masa depan dari para mustahik,” tandas Sulaiman. (srv)

MIXADVERT JASAPRO