Istanbul Diguyur Hujan, Lance Stroll Rebut Pole Position

Dua Racing Point, Lance Stroll dan Sergio Perez, bersama pembalap Red Bull, Max Verstappen, setelah sesi kualifikasi Grand Prix Turki 2020 di Istanbul, Turki, Sabtu (14/11). | TWITTER/F1

jagatBisnis.com – Setelah sempat ditunda selama setengah jam karena hujan deras, sesi kualifikasi balapan Formula One (F1) Grand Prix Turki 2020 akhirnya menghasilkan Lance Stroll sebagai pembalap tercepat. Pengemudi Racing Point tersebut mencatatkan waktu satu menit 47,765 detik.

Dalam pacuan di Sirkuit Istanbul Park di Istanbul, Turki, Sabtu (14/11), bendera merah dikibarkan hanya beberapa menit setelah para pembalap masuk ke lintasan di kualifikasi pertama. Hujan juga memaksa paddock bekerja untuk menyesuaikan mobil masing-masing pembalap dengan kondisi aspal yang basah.

Stroll mendahului pembalap Red Bull yang tercepat di dua kualifikasi pertama, Max Verstappen. Pembalap asal Belanda tersebut bersaing dengan pengemudi Racing Point lainnya, Sergio Perez, untuk posisi kedua dengan selisih 0,290 detik di belakang Stroll.

Baca Juga :   Usai Verstappen Klaim Titel Juara Dunia F1, Tim Mercedes Ajukan Protes

Adapun Sergio Perez menghabiskan lima ban untuk mendapatkan tempat ketiga. Pembalap asal Meksiko itu berselisih 1,556 detik di belakang Stroll dan unggul 1,127 detik dari pembalap Red Bull lainnya, Alexander Albon, di posisi keempat.

Juara bertahan yang sedang menatap gelar dunia ketujuh di Istanbul, Lewis Hamilton, tak diuntungkan dengan kondisi sirkuit. Menggunakan enam ban menengah (intermediate), pembalap Mercedes itu hanya bisa mendapatkan baris start keenam.

Baca Juga :   Honda Mundur dari Balap F1 Akhir Musim Depan

Hamilton harus puas berada di belakang pembalap Renault, Daniel Ricciardo, yang berada di posisi kelima. Namun demikian, dia berada di depan pembalap Renault lainnya, Esteban Ocon, yang menghuni posisi ketujuh.

Sementara itu, rekan setim Hamilton yang senantiasa berada di tiga baris start terdepan, Valtteri Bottas, sepertinya juga tak bisa mengendalikan kondisi lintasan. Bottas harus puas di posisi kesembilan di belakang juara dunia 2007 yang kini membalap untuk Alfa Romeo, Kimi Raikkonen.

Duo Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc, lebih tak memuaskan lagi. Vettel harus puas dengan posisi ke-12 sementara Charles Leclerc berada di posisi ke-14 di belakang pembalap McLaren, Carlos Sainz, di posisi ke-12.

Baca Juga :   FIA Mulai Investigasi Kecelakaan Horor GP Bahrain

Balapan utama akan digelar pada Minggu (15/11) pukul 18.10 WIB. Hamilton saat ini memimpin klasemen dengan 282 angka atau berselisih 85 angka dari Bottas di posisi kedua.

Jika bisa mempertahankan selisih angka minimal 76 poin dari Bottas atau pembalap lain, Hamilton akan merengkuh rekor tujuh gelar sejajar dengan capaian legenda Michael Schumacher pada 2006.(ser)

MIXADVERT JASAPRO