Patroli Laut Bersama Bea Cukai Pangkalpinang dan Ditpolairud

jagatBisnis.com – Bea Cukai Pangkalpinang melaksanakan patroli laut bersama dengan Ditpolairud Polda Babel. Hal ini dilakukan dalam rangka mengamankan wilayah laut Indonesia, khususnya yang menjadi entry points dengan potensi terdapat kegiatan pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai.

Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalpinang, Yetty Yulianty, pada kegiatan Apel pelepasan patrol bersama, Jumat (23/10) lalu, menjelaskan bahwa patroli laut Bea Cukai bertujuan melindungi sektor industri dari pemasukkan barang ilegal sehingga terciptanya iklim usaha yang sehat dan masyarakat dari barang-barang terlarang dan berisiko mengancam kesehatan dan keselamatan.

Patroli bersama ini, jelas Yetty, sejalan dengan penandatanganan kerja sama peningkatan sinergi tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi oleh Bea Cukai dengan Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Baharkam Polri).

Baca Juga :   Bea Cukai Fasilitasi Impor Vaksin dan Alkes di Jawa Timur dan Jakarta

Menurut Yetty, sarana dan prasarana merupakan salah satu hal yang menunjang pelaksanaan tugas Patroli Laut. Pada kesempatan patroli laut bersama ini menggunakan kapal BC 15005 dan kapal milik Ditpolairud. “Sinergi antara Bea Cukai dan Ditpolairud dalam patroli laut penting untuk dilakukan agar pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai Pangkalpinang dapat tercapai dengan optimal,” ujar Yetty.

Baca Juga :   Perkuat Pengawasan Kemaritiman, Bea Cukai Eratkan Sinergi dengan Singapore Police Coast Guard

Yetty melanjutkan, begitu pentingnya peran patroli laut Bea Cukai dalam menjaga pintu gerbang negeri ini agar iklim usaha dapat tetap sehat, menjadikan patroli laut Bea Cukai sebagai tulang punggung Indonesia dalam mengawasi perdagangan internasional.

Baca Juga :   Lewat Asistensi, Bea Cukai Dorong Potensi Ekspor Damar, Madu, Kerupuk dan Rokok

Dalam amanat yang disampaikan oleh Yetty dan Wakil Direktur Polairud Polda Babel, Irwan Deffi Nasution, keduanya sama-sama mengharapkan kedepannya akan terjalin sinergi dan kerjasama yang semakin kuat dan berkesinambungan dalam rangka penegakan hukum untuk melindungi masyarakat, khususnya di kepulauan Bangka Belitung. (srv)

MIXADVERT JASAPRO