Sinergi Bea Cukai dan Polairud Gelar Patroli Laut Bersama

Sinergi Bea Cukai dan Polairud Gelar Patroli Laut Bersama

jagatBisnis.com – Bea Cukai dan Polairud di daerah Sumatera kembali melaksanakan patroli laut bersama. Hal ini dilakukan dalam rangka melakukan pengawasan terhadap wilayah perairan, serta sebagai wujud nyata perjanjian kerja sama antara Bea Cukai dengan Baharkam Polri.

Patroli laut kali ini dilakukan di tiga daerah, masing-masing oleh Bea Cukai Telukbayur, Bea Cukai Sabang, dan Bea Cukai Lhokseumawe Bersama Polairud setempat.

Kantor Bea Cukai Telukbayur melakukan patroli laut bersama Dit. Polairud Sumatera Barat, pada tanggal 23-29 Oktober 2020. Kegiatan ini dipimpin oleh Kombes Pol. Sahat M Hasibuan, S.I.K., M.H., Dirpolairud Sumatera Barat dan Kepala Kantor Bea Cukai Telukbayur, Hilman Satria.

Baca Juga :   Membahas Pengarusutamaan Gender dari Kacamata Bea Cukai

Dalam pengarahannya, Hilman menyampaikan bahwa kegiatan Patroli Laut ini juga merupakan tugas dan fungsi Bea Cukai dalam menjalankan tugas yaitu sebagai community protector dengan mencegah masuknya barang-barang ilegal. Kegiatan Patroli Laut bersama antara Bea Cukai Telukbayur dan Polisi Air dan Udara Sumatera Barat ini meliputi wilayah pengawasan Bea dan Cukai Telukbayur.

Kemudian pada Rabu (28/10), Bea Cukai Sabang Bersama Polairud Kota Sabang juga melaksanakan patroli laut gabungan dengan berfokus pada pengawasan di sekitar perairan Kota Sabang serta titik – titik yang dianggap rawan.

Baca Juga :   Bea Cukai Madura Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal Modus E-Commerce

Patroli sinergi ini dihadiri langsung oleh Iptu Mahmuddin Nasution selaku Kasat Polairud Kota Sabang serta Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Sabang, Haris.

“Semoga sinergi yang terjalin kuat antara Bea Cukai dengan Polairud Kota Sabang dapat terus turut andil dalam menjamin keamanan laut Indonesia dari penyelundupan barang ilegal, terutama di perairan Sabang,” harap Haris.

Selain itu, sebelumnya pada hari Senin (26/10), Bea Cukai Lhokseumawe bersinergi melakukan patroli bersama dengan Kesatuan Kepolisian Air (Polair) Polres Lhokseumawe.

Pada patroli bersama yang dilakukan ini, Bea Cukai Lhokseumawe dan Sat Polair Polres Lhokseumawe menggunakan kapal Bea Cukai dengan berpatroli di sekitar perairan Lhokseumawe dan Aceh Utara. Dalam kegiatan patroli ini, juga dilakukan pertukaran informasi dan pola operasi sehingga diharapkan terdapat peningkatan kemampuan personel Bea Cukai dan Polri dalam upaya menjaga wilayah NKRI khususnya di Lhokseumawe dan Aceh Utara dari upaya penyelundupan narkotika dan barang-barang impor atau ekspor ilegal.

Baca Juga :   Bea Cukai Amankan Pesisir Sumatera dari Barang Ilegal

Diharapkan koordinasi dan patroli bersama yang dilakukan ini dapat memperkuat sinergi antar dua instansi agar dapat menjalankan tugas dengan baik. (srv)

MIXADVERT JASAPRO